Satgas Sektor 4 Beri Layanan Penyemprotan Desinfektan Kepada Warga Majalaya dan Paseh Guna Cegah Penyebaran Virus Corona

Bandung Side, Majalaya – Sejak merebaknya Virus Novel Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) dipertengahan Februari 2020 telah terpapar 2 (dua) orang ibu dan anak di Depok, Jawa Barat, seluruh rakyat Indonesia berusaha memutus rantai penyebaran dengan pencegahan sedini mungkin melalui isolasi diri dirumah dan penyemprotan desinfektan dilingkungannya berada.

Begitu juga yang terjadi di Majalaya, secara bertahap dan melalui sosialisasi dari Satgas Sektor 4 Citarum Harum berupaya mencegah penyebaran Virus Corona dengan memberi layanan penyemprotan desinfektan, Kamis (26/3/2020).

Rumah 2 lantai di Desa Sukamantri tidak luput dari layanan penyemprotan desinfektan Satgas Sektor 4 Citarum Harum, Kamis (26/3/2020).

“Hari ini dimulai lagi penyemprotan secara serentak dilakukan oleh Satgas Sektor 4 Citarum Harum ditiap Sub Desa masing-masing di Kecamatan Majalaya dan Kecamatan Paseh. Layanan penyemprotan desinfektan sebelumnya pada Hari Senin (23/3/2020) telah dilakukan, menandai bahwa masyarakat juga harus mendukung memutuskan mata rantai penyebaran Covid 19 memalui komunikasi sosial (komsos),”kata Komandan Kompi (Danki) Sektor 4, Letda Arh. Dwi Iswantoro.

Kita berusaha untuk mengedepankan rasa kemanusiaan setelah melihat kondisi sekarang dan informasi yang berkembang berkaitan dengan penyebaran wabah Virus Corona. Kita berusaha untuk membuat ketentraman dan kenyamanan bagi masyarakat sekitar melalui penyemprotan desinfektan, tambah Letda Dwi Iswantoro.

Satgas Sektor 4 Citarum Harum juga berusaha untuk memberikan imbauan kepada masyarakat untuk senantiasa membiasakan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan. Selain tetap menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh, saat ini penggunaan masker juga menjadi kewajiban bagi warga untuk mencegah penularan Virus Corona. “Jika hidup kita sehat, Insya Allah tidak akan terkena virus dan kita harus yakin,”jelas Letda Dwi.

Penyemprotan desinfektan pada bengkel motor di Desa Majakerta, Kamis (26/2020).

Dalam pelaksanaan penyemprotan disinfektan ini, imbuh Letda Arh Dwi, Satgas Sektor 4 berupaya turut membantu kegiatan rutinitas aparatur desa di Kecamatan Majalaya dan Kecamatan Paseh. Karena dapat dipastikan aparatur desa masih ada yang belum siap dengan peralatan penyemprotan, sehingga dibutuhkan percepatan pencegahan Virus Corona ini agar masyarakat merasa aman dan virus tidak menjalar.

Tercatat 7 Desa di Kecamatan Majalaya dan 1 Desa di Kecamatan Paseh yang oleh Satgas Sektor 4 dilakukan penyemprotan desinfektan, yakni Desa Bojong, Majasetra, Majalaya, Majakerta, Wangisagara, Neglasari dan Biru, sedangkan di Kecamatan Paseh di Desa Sukamantri. Penyemprotan Desinfektan saat ini masih random dengan sasaran tiap wilayah Rukun Warga (RW) untuk memudahkan jangkauan. Bahkan ada permintaan secara langsung ke Satgas Sektor 4 untuk mendapatkan layanan penyemprotan desinfektan dari Ketua RW nya. Dalam pantauan bandungside.com seperti di Desa Majakerta, aparatur desa telah menyiapkan cairan desinfektan tapi belum mempunyai alat semprotnya, sehingga oleh Satgas Sektor 4 menjadi prioritas utama dulu warganya mendapatkan layanan penyemprotan dilingkungannya.

Penyemprotan desinfektan rumah ibadah di Desa Bojong, Kamis (26/3/2020).

Desa Bojong
Menurut Serka Taufik Susanto, Satgas Sektor 4 Sub Desa Bojong, sasaran penyemprotan desinfektan diwilayah RW 13, yang masih bisa dilayani baru warga RT 03 dan RT 04 dengan jumlah 63 KK. Penyemprotan dilakukan usai apel pagi pukul 08.00 WIB dengan menyisir rumah warga, fasilitas tempat ibadah dan fasilitas umum yakni bale RW. Kondisi daerah tampak sepi, hanya sebagian besar wanita dan anak kecil yang ada dirumah, hal ini disebabkan karena Kepala Keluarga sudah berangkat kerja. Selain sebagai karyawan pabrik, warga RT 03 dan RW 04 juga berprofesi sebagai pedagang dan petani, sehingga kedatangan Satgas Sektor 4 saat melakukan penyemprotan desinfektan dan sosialisasi tentang Virus Corona dapat dengan efektif diterima oleh warga.

Penyemprotan desinfektan di Bale RW 15 Desa Majasetra, Kamis (26/3/2020).

Desa Majasetra
Sasaran Satgas Sektor 4 penyemprotan desinfektan diwilayah RW 10 dan RW 15, menurut Serka Aat Solehudin wilayah RW 10 dan RW 15 sangatlah padat penduduknya. “Alhamdulillah penyemprotan desinfektan pagi ini terbantukan oleh alat yang dimiliki oleh Desa Majasetra, sehingga kami berbagi tugas dengan aparatur desa membagi 2 wilayah, Satgas di RW 15 dan aparatur desa di RW 10,”kata Serka Aat.

“Terdapat sekitar 300 KK di RW 15 dengan kondisi yang padat terbagi 3 RT, kami mulai dengan menyisir rumah warga, bale RW dan terdapat MCK umum warga sebagai sasaran penyemprotan Desinfektan,”pungkas Serka Aat Solehudin.

Penyemprotan desinfektan disarana Ibadah Desa Majalaya, Kamis (26/3/2020).

Desa Majalaya
Dipimpin oleh Serka Muhidin, Satgas Sektor 4 Sub Desa Majalaya, sasaran penyemprotan desinfektan diwilayah RW 11 dan RW 12. Sebagian penduduknya sebagai pedang di Pasar Bingung sehingga kondisi rumah banyak yang tidak berpenghuni. “Warga sebagian besar pedagang di Pasar Bingung ada juga sebagai karyawan pabrik. Wilayah yang padat penduduk lebih banyak rumah kontrakan atau rumah petak sehingga kami harus menyiapkan persediaan cairan desinfektan lebih banyak,”kata Serka Muhidin.

Penyemprotan desinfektan di kantor Pegadaian Desa Majakerta, Kamis (26/3/2020).

Desa Majakerta
Wilayah Desa Majakerta yang menjadi sasaran penyemprotan desinfektan adalah RW 04 yang terdiri dari 4 RT dengan jumlah 310 KK. Menurut Serka Aguh wilayah RW 04 yang berada disebagian besar Pasar Baru, sehingga dapat disinyalir sebagai tempat yang mudah dalam penyebaran Virus Corona. Tempat publik berkumpul antar penjual dan pembeli, juga ada ruko-ruko kebutuhan fashion dan alat rumah tangga. Tak kalah pentingnya terdapat pegadaian dan beberapa toko mas juga menjadi sasaran Satgas Sektor 4 dalam penyemprotan desinfektan serta sosialisasi tentang Virus Corona serta cara pencegahannya dengan tetap menjaga kesehatan dan membiasakan cuci tangan.

Penyemprotan desinfektan di rumah pengrajin tempe Desa Sukamantri, Paseh, Kamis (26/3/2020).

Desa Sukamantri Kecamatan Paseh
Sasaran penyemprotan desinfektan di Desa Sukamantri wilayah RW 16 menjadi tantangan tersendiri bagi Serka Engkus, Satgas Sektor 4 Sub Desa Sukamantri. “Wilayah RW 16 sangatlah padat terdiri dari rumah tangga dan sebagian besar merupakan pengrajin makanan ringan yakni tempe dan tahu. Sehingga kami harus hati-hati dalam melakukan aksi penyemprotan desinfektan sesuai yang diminta oleh warga,”kata Serka Engkus.***

Facebook Comments

Leave a Reply