Dampak Positif Media Sosial untuk Bisnis Online

Dampak Teknologi media sosial

Bandung Side, Kabupaten Bandung – Dampak positif dari media sosial karena hadirnya teknologi sudah semakin cepat dan berkembang dalam 20 tahun terakhir di masyarakat sampai saat ini.

Munculnya berbagai media baru di era ini menjadikan segala aktivitas manusia menjadi lebih mudah, seperti mengakses internet, menonton TV, mengakses informasi, berkomunikasi, dan sebagainya.

Perbedaannya, dalam media tradisional satu alat hanya bisa digunakan untuk satu format media sedangkan dalam media baru satu alat digunakan untuk beragam format di internet.

“Media sosial ini sebagai sebuah layanan dan faktor utama dalam mendapatkan informasi terkini, bersosialisasi, berbisnis, bahkan merubah cara pandang seseorang,” ujar Rabrindra Soewardana, Direktur OZ Radio Bali, saat mengisi webinar Literasi Digital di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/9/2021).

Rabrindra Soewardana mengatakan, media sosial merupakan salah satu platfrom yang digunakan secara masif untuk bersosialisasi serta tidak memiliki batasan ruang dan waktu.

Sekarang ini kita perlu mengubah perilaku dalam media sosial ke arah dampak positif, seperti menjadi produktif, mempermudah mencari teman, meningkatkan pengetahuan tentang peristiwa di seluruh dunia, sebagai wadah kreativitas.

Kehadiran media sosial banyak berdampak positif juga sebagai sarana promosi karena murah dan mudah dalam menjangkau audiens.

“Di dunia ini semua orang memilih platform media sosial untuk memasarkan produk mereka karena telah menjadi platform paling kuat untuk melakukannya. Karena dianggap dapat memberikan pengembalian investasi yang besar dan eksposur merk yang tinggi,” papar Rabrindra Soewardana.

Rabrindra Soewardana memaparkan, menurut data pelaku marketing percaya bahwa media sosial bisa memperluas jangkauan perjualan mereka sekaligus membuat brand lebih dikenal.

Di Indonesia sendiri, kebanyakan netizen mengetahui sebuah produk melalui iklan media sosial dan mereka juga merekomendasikan serta berkomentar di media sosial. Kemudian, dalam mempelajari brand juga melalui media sosial.

Semenjak adanya media sosial, pelaku bisnis lebih mudah dalam mengatur strategi, meningkatkan engagement, meningkatkan penjualan, dan sebagainya untuk mengembangkan usahanya.

Rabrindra Soewardana mengatakan, cara-cara dalam memaksimalkan akun Instagram untuk bisnis. Pertama, membuat ajakan yang kuat dengan menyediakan penawaran eksklusif.

Kedua, membuat iklan berformat video dan tambahkan tombol belanja. Ketiga, promosikan cara mudah berbelanja di bisnis Anda.

Keempat, tingkatkan engagement menggunakan kuis, stiker, tanya jawab.

Kelima, gunakan promosi di IGTV berisi unboxing atau tutorial.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Siberkreasi.

Webinar wilayah Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/9/2021) juga menghadirkan pembicara Ronal Tuhatu (Psikolog), Siti Latifah (Ketua PW IPPNU Jawa Barat), Andika Zakiy (SEJIWA Program Coordinator), dan Tanisha Zarfa sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital.

Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.***

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan