Citradream Hotel Cirebon Kampanyekan Donasi Sepatu

citradream hotel cirebon

Bandung Side, Cirebon – Citradream Hotel Cirebon turut mensukseskan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2021 (HPSN) mengkampanyekan Gerakan Donasi Sepatu yang berlangsung mulai 23 Januari hingga 21 Februari 2021.

Gerakan Donasi Sepatu layak pakai dikumpulkan langsung di Citradream Hotel Cirebon jl. Dr. Ciptomangunkusumo No.16 sebagai drop point para dermawan yang turut berpartisipasi.

“Donasi Sepatu layak pakai dengan drop point di Citradream Hotel Cirebon dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang biasa diperingati pada tanggal 21 Februari,” kata Hotel Manajer Citradream Cirebon, Indra Darmawan, Sabtu (20/2/2021).

Dengan Donasi Sepatu juga ikut membantu mengurangi sampah sepatu yang fakta dilapangan sulit sekali untuk terurai secara alami, lanjut Indra.

Citradream Hotel Sepatu
Serah Terima Donasi Sepatu yang berasal dari dermawan turut mensukseskan Hari Peduli Sampah Nasional, Sabtu (20/2/2021) di Citradream Hotel Cirebon jl. Dr. Ciptomangunkusumo No.16 sebagai drop point.

“Menurut catatan Environment Protection Agency saat mengeluarkan hasil penelitian tentang perbandingan jumlah limbah pakaian yang dihasilkan pada 1960 dan 2015. Jumlah tertinggi datang dari polusi plastik yang meningkat 8.764%,” kata Indra.

Sampah kain atau tekstil telah meningkat 811%. Kemudian sampah bahan sepatu bekas meningkat 361%.

“Yang memprihatinkan, sekitar 66% dari total sampah yang ada dibuang ke tanah dan besar kemungkinan akan mempengaruhi kesuburan juga kandungan humus,” jelas Indra.

Material sepatu yang paling lama untuk diurai yaitu karet dan busa. Alasannya karena keduanya merupakan produk dari pengolahan minyak bumi, seperti halnya plastik.

Sementara itu, masih banyak jenis material sintetis yang juga lama terurai secara alami, misalnya: nilon, kulit sintetis, polyflex, dan lain-lain.

Selain itu, lanjut Indra, proses produksi sepatu hingga sampai ke tangan konsumen meninggalkan jejak karbon atau carbon footprint yang tidak sedikit. Sehingga, bila tidak diolah, sampah sepatu dapat menumpuk dan memberi sumbangsih pada kerusakan lingkungan.

“Mengutip yang disampaikan oleh Dewan Eksekutif Cleanaction Network, Hani Sumarno bahwa Indonesia menempati posisi keempat sebagai produsen alas kaki di dunia, berkontribusi 4,6% dari total sepatu di dunia,” kata Indra.

Citradream Hotel Cirebon
Citradream Hotel Cirebon turut Kampanyekan Donasi Sepatu mensukseskan Hari Peduli Sampah Nasional.

“Rata-rata 866 juta pasang alas kaki terjual tiap tahunnya di Indonesia,” ungkap Indra mengutip informasi fakta sampah sepatu.

Donasi Sepatu yang dikumpulkan oleh Citradream Hotel Cirebon bekerjasama dengan Shoe Workshop, sebelumnya akan dipilah pilih dulu, bila kondisi sepatu ada yang rusak ringan akan direparasi terlebih dahulu.

Bila sepatu sudah layak pakai akan diberikan kepada penerima manfaat, terutama insan perawat bumi seperti petugas kebersihan, pemilah sampah, edukator 3R (reduce, Reuse, Recycle) memberi kesempatan kehidupan kedua kepada pemilik baru.

“Gerakan Donasi Sepatu juga mengapresiasi pelaku peduli sampah. Negeri kita sudah darurat sampah, maka dimulai dari hal kecil untuk mengurangi sampah sepatu sehingga bisa bermanfaat lagi, adalah tindakan sederhana namun sangat berarti bagi bumi,” kata Indra.***

loading...
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan