Satgas Sektor 4 Gelar Jumsih dan Penyemprotan Desinfektan Bersama Pemerintahan Desa Padaulun Guna Cegah Covid-19

Bandung Side, Majalaya – Satgas Sektor 4 Citarum Harum bersama Pemerintahan Desa Padaulun, Kecamatan Majalaya menggelar aksi Jum’at Bersih (Jumsih) dengan penyemprotan desinfektan, membagikan masker dan memberi vitamin kepada anak-anak di 4 RW sekaligus, Jum’at (18/4/2020).

Kegiatan Jumsih yang difokuskan dengan penyemprotan desinfektan, bagi masker dan pemberian vitamin kepada anak-anak merupakan agenda pemerintahan Desa yang sudah berjalan dari Bulan Maret dan saat ini lebih diintensifkan bersama Satgas Sektor 4 Citarum Harum.

Kandang ternak pun tidak luput dari penyemprotan desinfektan Satgas Sektor 4 Citarum Harum Sub Desa Padaulun saat menggelar giat Jumsih, Jum’at (17/4/2020).

“Kegiatan Jumsih yang dijadwalkan seminggu sekali biasa dilakukan korve membersihkan saluran-saluran irigasi dan selokan bersama warga dengan Satgas Sektor 4, kali ini diisi dengan penyemprotan desinfektan lebih diinsentifkan hingga hari senin nanti,”kata Serka Aep Sepudin, Satgas Sektor 4 Citarum Harum Sub Desa Padaulun.

Rumah warga Desa Padaulun mendapatkan layanan penyemprotan desinfektan dari Satgas Sektor 4 Citarum Harum yang menggelar aksi bersama pemerintahan Desa Padaulun, Kecamatan Majalaya, Jum’at (17/4/2020).

Dalam giat harian Satgas Sektor 4, lanjut Serka Aep, selain menjalankan rencana program yang sudah diarahkan oleh Komandan Sektor 4 yang terfokus dalam Program Citarum Harum sesuai Perpres No 15 Tahun 2018, saat ini kami juga melakukan misi kemanusiaan dalam menjalankan pencegahan penyebaran Virus Corona dimasing-masing wilayah kerja. Selain secara teknis melakukan aksi, Satgas Sektor 4 juga melakukan Komunikasi Sosial (komsos) langsung bertatap muka kewarga dlm memberikan informasi dan diskusi.

Ayi Rukmana, Kepala Desa Padaulun, Kecamatan Majalaya saat memberikan masker kepada warga dalam gelar aksi Jumsih, Jum’at (17/4/2020).

“Apalagi sekarang ini pandemi Corona sudah menjadi pembicaraan sehari-hari dimasyarakat, sehingga menjadi prioritas kami untuk meluruskan informasi yang tentang Corona agar tidak terpengaruh dengan hoax. Selain itu, kami juga menghimbau agar warga Desa Padaulun tidak keluar rumah bila tidak melakukan hal yang penting seperti membeli bahan pokok untuk masak, atau keperluan yang urgen dan selalu kenakan masker,”jelas Serka Aep.

Serka Aep Sepudin, Satgas Sektor 4 Citarum Harum Sub Desa Padaulun membagikan masker ke warga RW 9 Desa Padaulun saat aksi Jumsih penyemprotan desinfektan, Jum’at (17/4/2020).

“Semoga apa yang dilakukan oleh Satgas Citarum Harum untuk memperbaiki lingkungan dan mengembalikan ekosistem Sungai Citarum semakin mendapatkan simpati oleh warga. Tugas Satgas Sektor 4 Citarum Harum selain memberi pencerahan kepada masyarakat juga membawa harapan baru agar masyarakat juga tergugah untuk memperbaiki kehidupannya,”pungkas Serka Aep Saepudin.

Pembagian vitamin kepada anak-anak dilakukan oleh anggota PKK Desa Padaulun didampingi Satgas Sektor 4 Citarum Harum disambut antusias oleh warga RW 9 Desa Padaulun, Kecamatan Majalaya, Jum’at (17/4/2020).

Sementara itu, Kepala Desa Padaulun, Ayi Rukmana mengatakan disela-sela kegiatan Jumsih,” Hari ini melaksanakan kegiatan memutuskan tali mata rantai penyebaran Virus Covid-19 dengan teknis penyemprotan disemua wilayah. Jadwal hari ini di 4 RW yaitu RW 8, RW 15, RW 16 dan RW 9. Di RW 8 sudah ke 3 x nya dilakukan penyemprotan, besok Hari Sabtu (18/4/2020) berlanjut ke RW 10, RW 11, RW 12 dan besoknya lagi Hari Minggu (19/4/2020) di RW 13, RW 14 nanti dilanjutkan ke RW 1 ke esok harinya”.

Kepala Desa Padaulun, Ayi Rukmana bersama Satgas Sektor 4 membagikan masker guna pencegahan penyebaran Covid-19 di RW 9 Desa Padaulun, Jum’at (17/4/2020).

“Sampai Hari Senin (20/4/2020) tiap hari dilakukan pelaksanaannya yakni penyemprotan desinfektan. Sebetulnya pelaksanaan penyemprotan ditiap minggu dengan agenda kerja bakti Jum’at Bersih (Jumsih) dengan penyemprotan, hanya hari ini dan kemaren bagi-bagi masker serta vitamin kepada anak-anak untuk menanggulangi pencegahan virus Covid-19,”jelas Ayi Rumana.

Sinergi Satgas Sektor 4 Citarum Harum bersama Pemerintahan Desa Padaulun, Kecamatan Majalaya guna memutus rantai penyebaran Covid-19, Jum’at (17/4/2020).

“Alhamdulillah Desa Padaulun Kecamatan Majalaya tidak ada yang terjangkit virus tersebut dan warganya merasa sehat, kita mencegah dan memberi pembinaan dimasyarakat secara intensif. Himbauan kepada mayarakat Desa Padaulun, lebih baik dirumah saja jangan keluar rumah melakukan hal yang tidak penting. Karena virus itu kecil sekali dan tidak tampak oleh mata, jadi kita tidak tahu bisa menjadi perantara penyebaran virus ke anggota keluarga sendiri atau kewarga yang lain,”seru Ayi.

“Bila ada rumah warga yang terlewat dalam kegiatan penyemprotan, warga bisa melapor ke Desa karena di Desa ada Satgas Khusus Penanggulangan Covid-19, insya Allah akan segera dilayani penyemprotan desinfektan,”pungkas Ayi Rukmana.***

Facebook Comments

Leave a Reply