Satgas Sektor 4 Bersama Warga RW 3 Desa Majasetra Putus Rantai Penyebaran Covid-19 Lakukan Penyemprotan Desinfektan

Bandung Side, Majalaya – Covid-19 yang sudah menjadi pandemi harus diputus mata rantai penyebarannya, upaya penyemprotan desinfektan guna pencegahan tersebut dilakukan oleh Satgas Setor 4 Citarum Harum bersama warga RW 3, Desa Majasetra, Kecamatan Majalaya, Sabtu (11/4/2020).

Sejak merebaknya Virus Novel Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) dipertengahan Februari 2020 beberapa waktu lalu, Satgas Sektor 4 memberikan layanan penyemprotan desinfektan kerumah-rumah bersama warga secara periodik hingga wabah tersebut hilang. Begitu juga yang dilakukan oleh Satgas Sektor 4 Sub Desa Majasetra bersama warga yang sudah ke-2x nya melakukan penyemprotan desinfektan di 16 RW. Seperti yang disampaikan oleh Satgas Sektor 4, Serka Aat Solehudin, “Penyemprotan desinfektan di Desa Majasetra sudah ke-2x secara periodik kerumah-rumah secara dor to dor hingga ke fasilitas umum serta tempat usaha yang berada dijalan utama yakni jl. Raya Babakan (jl. Majalaya- Solokanjeruk)”.

Satgas Sektor 4 Citarum Harum melakukan penyemprotan desinfektan dirumah kontrakan wilayah RW 3, Desa Majasetra, Sabtu (11/4/2020).

” Pada awal Bulan April juga dilakukan penyemprotan dijalan utama tersebut atas inisiasi pemerintahan Desa Majasetra bersama Satgas Sektor 4 yang didukung oleh Damkar, Muspika dan Taruna Siaga Bencara (Tagana) Kecamatan Majalaya. Jadi, semua warga Desa Majasetra berharap agar mata rantai penyebaran Covid-19 dapat dicegah agar aktifitas warga tidak terganggu akibat virus yang mematikan tersebut,”jelas Serka Aat.

Ketua RW 3, Desa Majasetra, Lala Diky mendukung penuh upaya pencegahan penyebaran Covid-19 diwilayahnya bersama Satgas Sektor 4 Citarum Harum, Sabtu (11/4/2020).

Selain itu, lanjut Serka Aat, Satgas Sektor 4 Citarum Harum juga melakukan Komunikasi Sosial (komsos) tentang apa Covid 19 dan cara pencegahan tertularnya virus tersebut diantaranya tetap menjaga kesehatan dan kebugaran agar stamina tubuh tetap prima dan sistem imunitas / kekebalan tubuh menjadi meningkat. Kemudian membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan benar secara teratur menggunakan air yang bersih dan sabun atau hand-rub. Mencuci tangan sampai bersih selain dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan kita, tindakan ini juga merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah. Sekitar 98% penyebaran penyakit bersumber dari tangan. Karena itu, menjaga kebersihan tangan adalah hal yang sangat penting serta selalu menggunakan masker penutup hidung dan mulut.

Fasilitas umum seperti sekolah TK di RW 3, Desa Majasetra tidak luput dari penyemprotan desinfektan dari Satgas Sektor 4 Citarum Harum, Sabtu (11/4/2020).

Sementara itu, Ketua RW 3, Desa Majasetra, Lala Diky (45th) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Sektor 4 Citarum Harum yang telah menjalankan tugas kemanusiaannya dengan memberi layanan penyemprotan desifektan diseluruh wilayah RW 3 yang terdiri dari 4 RT dengan jumlah 258 KK pada hari ini. “Hunian warga diwilayah RW 3 begitu komplek, ada rumah kontrakan, ada yang berprofesi sebagai kusir kretek atau delman, ada beberapa UKM pembuat tas ransel dan pembuat masker sehingga aktifitasnya dipastikan berhubungan dengan pihak luar dari wilayah RW 3, Desa Majasetra,”kata Lala Diky.

Hunian padat di RW 3, Desa Majasetra diupayakan dapat mencegah penyebaran Covid-19 dengan penyemprotan desinfektan dari Satgas Sektor 4 Citarum Harum, Sabtu (11/4/2020).

Ada beberapa fasilitas umum seperti masjid jami’ An-Nur, sekolah PAUD, sekolah TK juga aktifitas usaha warga seperti tamban ban, toko material, pabrik bordir, garasi bus yang lokasinya berada dipinggir jalan utama atau jl. Raya Babakan juga mendapatkan layanan penyemprotan desinfektan. “Upaya pencegahan penyebaran virus Corona ini kami lakukan agar warga merasa aman dan nyaman dirumah, karena himbauan pemerintah pusat agar dirumah saja bila tidak ada kepentingan yang mendesak agar mata rantai virus Corona terputus,”pungkas Lala Diky.***

Facebook Comments

Leave a Reply