Satgas Sektor 4 Citarum Harum Serentak Lakukan Penyemprotan Desinfektan Guna Pencegahan Penyebaran Covid 19

Bandung Side, Majalaya – Satgas Sektor 4 Citarum Harum secara serentak pada Sub Sektornya melakukan penyemprotan desinfektan dimasing-masing wilayah sebagai upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) yang sudah menjadi pandemi global, Senin (23/3/2020).

Aksi penyemprotan desinfektan sesuai dengan arahan Komandan Sektor 4 (Dansektor 4), Kolonel Inf Asep Nurdin beberapa waktu lalu usai menerima dukungan 10 unit alat penyemprot desinfektan dari PT Sari Sandang (Jum’at, 20/3/2020), guna pencegahan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Majalaya dan Kecamatan Paseh,”kata Komandan Kompi (Danki) Sektor 4, Letda Arh. Dwi Iswantoro.

Dalam melakukan aktifitas penyemprotan desinfektan, lanjut Danki Dwi Iswantoro, Satgas Sektor 4 Citarum Harum tidak lupa mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) sebagai salah satu cara dalam mengawali edukasi kepada masyarakat dalam mencegah penyebaran Covid 19 yang menjadi prosedur tetap (protap). Adapun prioritas wilayah dalam aksi penyemprotan desinfektan adalah Desa Padamulya, Wangisagara, Neglasari, Padaulun, Sukamukti, Biru, Majalaya, Majasetra, Majakerta, Sukamaju, Bojong, Sukamantri dan Sukamanah.

“Selain itu dalam aksinya, Satgas Sektor 4 juga melakukan Komunikasi Sosial (komsos) tentang apa Covid 19 dan cara pencegahan tertularnya virus tersebut diantaranya tetap menjaga kesehatan dan kebugaran agar stamina tubuh tetap prima dan sistem imunitas / kekebalan tubuh menjadi meningkat. Kemudian membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan benar secara teratur menggunakan air yang bersih dan sabun atau hand-rub. Mencuci tangan sampai bersih selain dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan kita, tindakan ini juga merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah. Sekitar 98% penyebaran penyakit bersumber dari tangan. Karena itu, menjaga kebersihan tangan adalah hal yang sangat penting,”jelas Danki Dwi.

Ada beberapa etika dalam upaya pencegahan penyebaran Covid 19 yakni disaat batuk dan bersin, tutup hidung dan mulut Anda dengan tisu atau lengan atas bagian dalam bukan dengan telapak tangan. Upayakan menghindari kontak dengan orang lain, bersalaman, berpelukan, cipika-cipika atau bepergian ke tempat umum, lanjut Dwi Iswantoro.

Rubah kebiasaan menyentuh mata, hidung dan mulut atau area segitiga wajah. Karena tangan menyentuh banyak hal yang dapat terkontaminasi virus, jika kita menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang terkontaminasi, maka virus dapat dengan mudah masuk ke tubuh kita. Hendaknya masyarakat menggunakan masker dengan benar hingga menutupi mulut dan hidung ketika sakit atau saat berada di tempat umum untuk kepentingan yang mendesak.

Hindari bepergian ke luar rumah saat merasa kurang sehat, terutama jika merasa demam, batuk, dan sulit bernapas. Segera hubungi petugas kesehatan terdekat, dan mintalah bantuan mereka. Sampaikan pada petugas jika dalam 14 hari sebelumnya Anda pernah melakukan perjalanan terutama ke negara atau daerah terjangkit, atau pernah kontak erat dengan orang yang memiliki gejala yang sama, selanjutnya ikuti arahan dari petugas kesehatan setempat.

” Dari semua upaya pencegahan penyebaran Covid 19 yang akan disosialisasikan kepada warga, cara yang paling efektif untuk melindungi diri dan orang lain dari penularan COVID 19 adalah mencuci tangan secara teratur, tutup mulut saat batuk dengan lipatan siku, sapu tangan atau tisu, dan jaga jarak minimal satu meter dari orang yang bersin atau batuk,”tandas Letda Dwi.

Saat Satgas Sektor 4 melakukan aktifitas penyemprotan dirumah-rumah maupun tempat umum, hendaknya masyarakat tetap tenang dan mengikuti himbauan dan anjuran dari pemerintah. Jangan lupa perilaku hidup sehat,” pungkas Letda Arh Dwi Iswantoro. ***

Facebook Comments

Leave a Reply