Tungku Inovatif Karya Satgas Sektor 4 Untuk Mengurangi Sampah Rumah Tangga

Bandung Side, Majalaya – Satgas Sektor 4 Citarum Harum menyerahkan 2 unit tungki inovatif pembakar sampah kepada Pemerintah Desa Bojong, Kecamatan Majalaya yang diwakili oleh Sekretaris Desa, Teten Tarliana, Jumat (27/12/2019).

Tungku inovatif pembakar sampah karya Anggota Satgas Sektor 4 Citarum Harum ini berbahan drum atau tong bekas yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menyerupai tungku pembakar sederhana yang diberi cerobong asap untuk melokalisir gas buang. Tungku inovatif tersebut dapat digunakan untuk membakar sampah rumah tangga maksimal 4 keluarga, sehingga sangat efektif mengurangi tumpukan sampah yang ada dipinggir jalan diseputaran wilaya Kecamatan Majalaya.

Tungku Inovasi karya Satgas Sektor 4 Citarum Harum untuk mengurangi sampah rumah tangga, Jumat (27/12/2019).

Hal tersebut disampaikan oleh Serka Aat, Anggota Satgas Sektor 4 Citarum Harum usai menyerahkan 2 unit tungku inovatif tersebut,” Tungku inovatif berbahan barang bekas atau dari drum atau tong bekas yang dimodifikasi seperti tungku yang biasa digunakan untuk memasak, namun terdapat tempat pemisah abu dari pembakaran. Selain itu, digunakan cerobong yang tinggi guna menangkap asap agar dapat dialirkan lepas keatas”.

Sementara itu, Sekretaris Desa Teten Tarliana menerima dengan suka-cita tungku inovatif tersebut, karena dapat mengurangi tumpukan sampah disekitar wilayah Desa Bojong bahkan masih ada saja warga yang membuang sampai di sungai. “Saya ucapkan terima kasih kepada Satgas Sektor 4 Citarum Harum yang telah memberi tungku inovatif ini. Nantinya akan diserahkan diwilayah RW yang memiliki titik-titik tempat terkumpulnya sampah dari warga yang tidak bertanggung jawab,”kata Teten.

Stgas Sektor 4 sedang merangkai tungku inovatif yang akan diserah terimakan kepada Pemerintahan desa Bojong, kecamatan Majalaya, Jumat (27/12/2019).

“Bila memang memungkinkan dan warga Desa Bojong berkenan dengan keberadaan tungku tersebut, nanti akan diperbanyak dan pengerjaannya bisa dilakukan oleh Satgas Sektor 4. Tinggal menunggu kalkulasi biaya pembuatannya saja dari Satgas,” Pungkas Teten.***

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan