STIMLOG Bekali Mahasiswa Baru Jawab Tantangan Revolusi Industri 4.0

Bandung Side, Sarijadi – Sidang Terbuka Senat Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG) menetapkan mahasiswa baru sesuai Surat Keputusan Ketua Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia No. 111/STIMLOG/SK/0919 tentang Penetapan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi manajemen Logistik Indonesia Tahun Akademik 2019/2020, Sabtu (14/9/2019), Auditorium Stimlog, jl. Sariasih No 54 Sarijadi, Bandung.

Sidang yang dibuka oleh Ketua Senat Ismanto SE., M.M. usai menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Stimlog diwarnai pembacaan SK No. 111/STIMLOG/SK/0919 tentang Penetapan Mahasiswa Baru Sekolah Tinggi manajemen Logistik Indonesia Tahun Akademik 2019/2020 oleh Wakil Ketua I, Dr. Melia Eka Lestiani, M.T. menyebutkan bahwa jumlah mahasiswa baru ditetapkan berjumlah 235 mahasiswa yang terdiri dari 145 Mahasiswa Jurusan Manajemen Logistik dan 90 Mahasiswa Manajemen Transportasi.

Sidang Terbuka Senat Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG) penetapan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2019/2020

Dalam kata sambutannya, Ketua STIMLOG Rachmawati Wangsaputra,Ph.D mengatakan bahwa dengan penuh rasa bangga dan bahagia mengucapkan “Selamat Datang Di Kampus Tercinta STIMLOG”. “Kepada mahasiswa baru, kami ingin menyampaikan selamat atas keberhasilannya yang telah melampaui persaingan ketat memasuki angka 2.500 pendaftar dalam meraih tempat untuk belajar di kampus STIMLOG dan diterima 235 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa Prodi Manajemen Logistik 145 orang dan Prodi Manajemen Transportasi 90 orang yang tersebar dari Sabang sampai Merauke”.

Sebagaimana diketahui bahwa STIMLOG merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang fokus pada bidang logistic dan rantai pasok di Indonesia, yang sejauh ini terdapat 2 prodi telah terakreditasi B dan dalam upaya meningkatkan kualitas menuju ke Akreditasi A, selain itu untuk institusi STIMLOG telah mencapai akreditasi B.

STIMLOG juga memiliki 4 tujuan strategis dalam mewujudkan visinya di tahun 2019-2022 yakni menjadi perguruan tinggi peringkat 200 skala nasional pada tahun 2022, menjadi perguruan tinggi yang berkontribusi nyata pada peningkatan kesejahteraan bangsa Indonesia khususnya dengan mencetak sumber daya Manusia (SDM) yang handal dan global dibidang Manajemen Logistik dan Manaajemen Transportasi Logistik, menjadi perguruan tinggi entrepreneurial berbasis science dan technology dalam konteks value creation dan menjadi perguruan tinggi kepeloporan.

Ketua Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG), Rachmawati Wangsaputra, Ph.D. saat memberi kata sambutan pada Sidang Terbuka Senat, Sabtu (14/9/2019).

Dalam pesannya kepada mahasiswa baru STIMLOG tahun ajaran akademik 2019/2020, Ketua STIMLOG Rachmawati Wangsaputra,Ph.D. mengatakan,” Mahasiswa baru STIMLOG hendaknya dapat membagi waktu dengan baik dalam melakukan proses pembelajaran. Bila mengikuti kegiatan ekstrakulikuler hendaknya terstruktur dan terencana dengan baik. Selain itu, bila hendak bergabung dengan Lembaga Kemahasiswaan, bekerjasama dengan unit-unit kegiatan mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan kedewasaan dan kemandirian mahasiswa. Jadi mahasiswa juga hendaknya mengikuti secara aktif dengan memanfaatkan kegiatan tersebut”.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, lanjut Rachmawati, kita semua memiliki kewajiban bersama untuk mensejahterakan bangsa Indonesia. Untuk dapat menjalankan kewajiban itu, kami berharap kalian dapat belajar dan bekerja secara kreatif, inovatif dan ikhlas dengan baik dan sungguh-sungguh tanpa melanggar norma maupun aturan-aturan yang sudah terwujud sebagai sistem dalam kehidupan kampus STIMLOG sehingga kita dapat berkarya dengan baik.

“Selamat Datang di Kampus Orange, Selamat Berkarya dan Mari Belajar di Sekolah Tinggi Berkualitas ini untuk kejayaan bangsa,” pungkas Rachmawati Wangsaputra.

Selain melaksanakan Sidang Terbuka Senat STIMLOG menetapkan mahasiswa baru, Ketua STIMLOG juga membuka kegiatan pengenalan kehidupan kampus sebagai pembekalan mahasiswa baru berupa Coaching Student Activity (CSA) sebagai proses transisi memperkenalkan dan mempersiapkan kegiatan akademik serta kebijakan kampus agar mahasiswa dapat dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi dengan lingkungan yang baru dalam keberhasilannya menempuh pendidikan di STIMLOG.

Mahasiswa Baru STIMLOG tahun Akademik 2019/2020 saat akan memasuki Gedung Auditorium STIMLOG untuk mengikuti Coaching Student Activity (CSA), Sabtu (14/9/2019)

Sementara itu, Ketua Panitia Coaching Student Activity (CSA), Aditya Julian Fadli dari prodi Manajemen Transportasi, Semester 5 mengatakan,” Kegiatan CSA ditahun akademik 2019/2020 mengusung tema “Future Logistician” dilaksanakan selama 5 hari yakni 2 hari internal didalam kampus, 3 hari kemudian materi Bela Negara dilaksanakan bekerjasama dengan Komando Pendidikan (Dodik) Bela Negara, Resimen induk Kodam III/Siliwangi atau Rindam III/Siliwangi di Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat”.

Pada giat internal didalam Kampus STIMLOG, lanjut Aditya, mahasiswa baru selama 2 hari tersebut diberi pembekalan pemdidikan karakter khususnya nilai integritas, moral, etika, kejujuran, kepedulian, tanggung jawab dan kedisiplinan dalam kehidupan dikampus dan masyarakat.

“Selain itu mahasiswa baru akan diperkenalkan dengan sistem dan tata kelola perguruan tinggi, sistem kegiatan pembelajaran dan kegiatan kemahasiswaan seperti kurikuler, ko kurikuler dan ekstrakurikuler). Hal tersebut dilakukan agar mendorong mahasiswa untuk proaktif beradaptasi, membentuk jejaring, menjalin persahabatan dan kekeluargaan antar mahasiswa dan dosen serta tenaga kependidikan menjadi wadah Keluarga Besar STIMLOG, “papar Aditya.

“Intinya, pelaksanaan CSA tahun Akademik 2019/2020 memiliki inovasi, diisi dengan ceramah, latihan keterampilan, diskusi, tugas mandiri, tour kampus, game, studi kasus dan praktik kerja. Ada juga program Stadium General Education yang materinya langsung disampaikan oleh Chairman of Asosiasi Logistik Indonesia atau ALI,”ungkap Aditya.

“Yang menjadi kejutan, Ketua STIMLOG Ibu Rachmawati Wangsaputra akan memberikan materi ter-update yakni tentang Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0, agar mahasiswa baru dapat menjawab tantangannya”pungkas Aditya Julian Fadli.***

Facebook Comments

Leave a Reply