Panglima TNI : Sungai Citarum Tempat Pariwisata Yang Baik

Bandung Side, Sukamukti, Katapang – Panglima TNI, Marsekal TNI Dr. (H.C) Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Ketum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto beserta Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., menghadiri kegiatan Karya Bakti & Bakti Sosial dalam rangka HUT ke-74 TNI tahun 2019 di bantaran Sungai Citarum wilayah Sektor 7 Citarum Harum, Desa Sukamukti, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung, Sabtu (21/9/2019).

Dansektor 7 Citarum Harum, Kolonel Kav. Purwadi menyambut kedatangan Panglima TNI, Marsekal TNI Dr. (H.C) Hadi Tjahjanto, S.I.P. dalam kegiatan Karya Bakti dan Bakti Sosial HUT TNI ke 74, Sabtu (21/9/2019).

Kedatangan Panglima TNI dan rombongan disambut oleh Komandan Sektor (Dansektor) 7 Citarum Harum, Kolonel Kav. Purwadi dengan Kesenian Arumba SMA Muhammadiyah Cipanas, Rampak Gendang Yonif 320/Badak Putih dan Yonif 310/Kidang Kancana serta Tari Sisingaan oleh prajurit Yonif 312/Kala Hitam dan kurang lebih 2.000 masyarakat sekitar.

Tampak mengiringi rombongan Panglima TNI, Gubernur Jawa Barat, H.Muh. Ridwan Kamil, ST., MUD bersama Ibu Atalia Praratya jalan beriringan sambil menikmati parade musik tradisional Arumba, Rampak Gendang dan Tarian Sisingaan penuh semangat berbaur dengan masyarakat yang bersorai sambil bertepuk tangan kegembiraan.

Dansektor 7 Citarum Harum, Kolonel Kav. Purwadi mengiringi Panglima TNI, Marsekal TNI, Hadi Tjahjanto, saat datang di Desa Sukamukti , Katapang, Kab. Bandung dalam kegiatan Karya bakti dan Bakti Sosial HUT TNI ke 74, Sabtu (21/9/2019).

Panglima TNI bersama rombongan sebelum memasuki area seremonial, terlebih dahulu menerima paparan dan penjelasan dari Dansektor 7 Citarum Harum, Kolonel Kav Purwadi tentang sejarah singkat perjalanan Satgas Citarum Harum dan melaporkan kegiatan yang telah dilaksanakan selama satu setengah tahun berjalan ini dari Program Citarum Harum.

Usai kegiatan pemaparan singkat dari Kolonel Purwadi, Panglima TNI meninjau lokasi pengolahan penjernihan air Sungai Citarum dan pada kesempatan tersebut Panglima TNI meminum air hasil olahan mesin penjernih tersebut.

Dansektor 7 Citarum Harum, Kolonel Kav. Purwadi sedang memberi paparan singkat perkembangan Sungai Citarum, Sabtu (21/9/2019).

Kemudian Panglima TNI meninjau lokasi salah satu (rumah tinggal layak huni) rutilahu dan jambanisasi sambil berkomunikasi dengan pemiliknya. Rutilahu yang dikerjakan sebanyak 20 unit rumah, jambanisasi 10 unit tersebar lokasinya diwilayah Sektor 7 Citarum Harum. Selanjutnya, Panglima TNI melaksanakan seremonial Karya Bakti dan Bakti Sosial dalam rangka memperingati HUT TNI ke-74 tahun 2019.

Panglima TNI Tinjau Sektor 4 Citarum Harum
Usai melaksanakan seremonial, Panglima TNI meninjau stand pameran yang siikuti oleh 23 jajaran Komandi Distrik Militer (Kodim) dan 23 Sektor Citarum Harum. Stand pameran yang menampilkan potensi daerah masing-masing distrik di Jawa Barat berupa kriya, hasil perkebunan, hingga produk makanan olahan. Sedangkan stand Sektor Citarum Harum menampilkan informasi perkembangan Satgas Sektor yang selama ini menjadi penjaga ekologi Sungai Citarum diantaranya hasil dari program sosialisasi kepada masyarakat hingga menghasilkan sampah yang dapat didaur ulang, menampilkan foto-foto aktifitas Satgas Citarum Harum hingga penanggulangan limbah industri.

Stand pameran Sektor 4 Citarum Harum dalam Kegiatan Karya Bakti dan Bakti Sosial HUT TNI ke 74, sabtu (21/9/2019)

Seperti yang dipamerkan pada stand Sektor 4 Citarum Harum, saat Panglima TNI singgah mendapatkan presentasi yang cukup menarik dari Dansektor 4, Kolonel Inf. Kustomo Tiyoso. Dalam patroli sungai dan mendeteksi keberadaan titik kumpul sampah menggunakan alat pantau drone, sehingga Satgas Sektor 4 dapat dengan seksama memonitor wilayah Kecamatan Majalaya secara praktis.

Interaksi Panglima TNI, Marsekal TNI Dr. (H.C) Hadi Tjahjanto, S.I.P. bersama Dansektor 4 Citarum Harum, Kolonel Inf. Kustomo Tiyoso saat berkunjung di stand pameran Sektor 4 pada acara Karya Bakti dan Bakti Sosial HUT TNI ke 74 di Desa Sukamukti, Katapang, Kab. bandung, Sabtu (21/9/2019).

“Memanfaatkan teknologi smartphone atau gadget bersama drone untuk membuat video dan foto sebagai alat kontrol dalam memantau lokasi yang rawan terkumpulnya sampah dan lokasi anak sungai yang menjadi tempat pembuangan limbah cair industri tekstil,”presentasi Kolonel Kustomo kepada Panglima TNI.

Dansektor 4, Kolonel inf. Kustomo Tiyoso sedang mempresentasikan materi pameran kepada Panglima TNI penggunaan alat uji lab. parameter air baku mutu, Sabtu (21/9/2019).

Selain itu Kolonel Kustomo yang didampingi oleh Komandan Kompi (Danki) Letda Arh. Dwi Iswantoro juga mempresentasikan bahwa untuk memonitor limbah cair industri tekstil yang keluar dari out let maupun di anak sungai dan di Sungai Citarum menggunakan mesin laboratorium hack, pampet dan peralatan jartest untuk mengetahui batas parameter baku mutu air.

Letda Arh. Dwi Iswantoro, Danki Sektor 4 sedang menjawab pertanyaan pengunjung stand Sektor 4 Citarum Harum saat kegiatan Karya Bakti dan Bakti Sosial HUT TNI ke 74 di desa Sukamukti, Katapang, Kab. Bandung, Sabtu (21/9/2019).

” Memonitor limbah cair industri tekstil sesuai parameter baku mutu, merupakan upaya Satgas Sektor 4 agar Sungai Citarum tidak tercemar limbah. Penggunaan peralatan uji laboratorium untuk mengetahui parameter dari limbah cair sebagai kontrol IPAL industri tekstil efektif atau asal-asalan saja sebagai langkah pendekatan preventif Satgas Sektor 4,”pungkas Kolonel Inf. Kustomo Tiyoso.

Satgas Sektor 4 siap melayani pengunjung Pameran Karya Bakti dan Bakti Sosial HUT TNI ke 74 di Desa Sukamukti, Katapang, Kab. Bandung, Sabtu (21/9/2019)

Kegiatan Karya Bakti dan Bakti Sosial di bantaran Sungai Citarum wilayah Sektor 7 Citarum Harum ini diantaranya pembangunan Rutilahu sebanyak 20 unit rumah, jambanisasi 10 unit, operasi katarak 83 orang, operasi bibir sumbing 13 orang, pelayanan kesehatan 1.200 orang, pemasangan kaki palau 50 orang, pemasangan kaca mata 200 pasang, pasang alat bantu dengar 35 orang, donasi kursi roda 50 orang, pelayanan gigi 100 orang, pelayanan umum 1.200 orang, sosialisasi Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada 300 orang, pembuatan sumur bor, pemberian sembako sebanyak 5.250 paket serta pemberian doorprize berupa sepeda, TV dan kulkas bagi yang beruntung.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sangat tinggi kepada seluruh komandan pasukan dan prajurit yang dengan ikhlas dan rela melaksanakan tugas di wilayah Sungai Citarum,” kata Marsekal TNI Dr. (H.C) Hadi Tjahjanto, S.I.P.

Panglima TNI, Marsekal TNI Dr. (H.C) Hadi Tjahjanto, S.I.P.

“Sungai Citarum sudah mulai bersih dan tahap selanjutnya adalah bagaimana menjadikan Sungai Citarum sebagai tempat pariwisata yang baik. Kalau sungai bersih dan kita tanami pohon-pohonan yang indah, tingkat pariwisata akan naik dan akan memberikan nilai positif dan nilai plus kepada masyarakat yang berada di sekitaran bantaran sungai,” tutur Marsekal TNI, Hadi Tjahjanto.

Panglima TNI mengungkapkan bahwa apa yang dilakukan oleh prajurit pada kegiatan Karya Bakti & Bakti Sosial (Karbak), khususnya pembersihan Sungai Citarum tentunya memberikan nilai yang sangat positif terhadap kemajuan Bangsa dan Negara.

Panglima TNI, Marsekal TNI, Hadi Tjahjanto, sedang memasangkan kaki palsu kepada penerima, saat kegiatan Karya Bakti dan Bakti Sosial HUT TNI ke 74 di Desa Sukamukti, Katapang, Sabtu (21/9/2019).

“Sungai Citarum yang dulu konon katanya isinya plastik dan berwana hitam, sekarang bisa kita lihat sudah berwarna coklat dan plastiknya hampir hilang,” ucap Panglima TNI.

Menurut Panglima TNI, sudut-sudut ekonomi sepanjang Sungai Citarum sangatlah banyak dan nilai-nilai investasi juga bisa ditanam, sehingga akan mendatangkan nilai-nilai ekonomi. “Pariwisata salah satu jalan untuk mendapatkan nilai-nilai tersebut,” kata Panglima TNI.

Foto Bersama Kegiatan Karya Bakti dan Bakti Sosial HUT TNI ke 74, Sabtu (21/9/2019).

Tercatat dalam daftar hadir kegiatan Karya Bakti & Bakti Sosial diantaranya Gubernur Jabar H. Muh. Ridwan Kamil, S.T., MUD, Dansesko TNI Marsdya TNI Trisno Hendradi, Koorsahli Panglima TNI Mayjen TNI Sudirman, S.H., M.H., M.M., Asrenum Panglima TNI Laksda TNI Agung Prasetiawan, M.A.P., Asops Panglima TNI Mayjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M., Aspers Panglima TNI Marsda TNI Dedy Permadi, S.E., M.M.D.S., Aster Panglima TNI Mayjen TNI George Elnadus Supit, S.Sos., Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewondono, Pangkoarmada 1 Laksda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Bambang Dwi Hasto, Sp.B., FInaCs., M.Si., Kapuspen TNI Mayjen TNI Sisriadi, Kababek TNI Brigjen TNI Gunawan Pakki, S.I.P., S.T., M.T. dan Wakapolda Jabar Brigjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K, M.Si., M.M.***

Facebook Comments

Leave a Reply