Satgas Sektor 8 Tidak Kendor Dengan Hari Demi Sungai Citarum Bersih

Bandung Side, Kutawaringin – Giat dan aksi Anggota Satgas Sektor 8 Citarum Harum tidak pandang bulu dengan Hari, sudah menjadi komitmen sebagai Satgas Citarum Harum sebagai pemulih ekosistem Sungai Citarum di Hari Sabtu pun tidak kendor dengan syarat tetap membersihkan Sungai Citarum, Sabtu (10/8/2019).

Hal tersebut terungkap saat Serda Safei, Dansubsektor 8 Desa Jelegong sedang membersihkan sampah yang hanyut di Sungai Citarum,” Sungai Citarum yang mengalir diwilayah Desa Jelogong belum bebas dari sampah yang berasal dari masyarakat yang belum sadar akan arti kebersihan”.

Serda Safei, Dansubsektor Desa Jelegong sedang memimpin anggotanya membersihkan Sungai Citarum dari sampah.

“Seperti yang sekarang ini ada, terus hanyut mengalir ke Sungai Citarum yang entah berasal dari mana, siapa dan berapa banyak datangnya,”seru Serda Safei.

“Sosialisasi tentang laku pintar sampah kepada mayarakat yang sudah kita lakukan belum menunjukkan hasil yang signifikan dan sesuai dengan harapan satgas, karena tidak mudah merubah mainset atau pola pikir individu agar tidak membuang sampah ke sungai, selokan, jalan dan lain-lain. Sudah menjadi budaya bercitra buruk dari mulai unit kecil rumah tangganya,”papar Serda Safei.

Sampah terus mengalir dari Sungai Citarum akibat dari manusia yang tidak bertanggung jawab akan lingkungan yang bersih

“Sehingga untuk antisipasi yang lebih tidak menguntungkan, terlebih saat ini sedang musim kemarau, sampah yang mengalir satgas tangkap dengan menggunakan jaring yang telah dipasang kurang lebih 60 meter selebar Sungai Citarum. Jadi setiap hari kita patroli sungai, membersihkan dan mengumpulkan sampah yang sementara dibakar sebagai solusinya,”jelas Dansubsektor Desa Jelegong mempresentasikan.

Saat ditanya Bandung Side, apakah kuat jaring yang menghambat sampah yang sudah dipasang tersebut menghadapi arus air Sungai Citarum bila terjadi luapan. Serda Safei mengatakan,”Upaya semaksimal mungkin kita kerjakan untuk Sungai Citarum bisa bersih. Jaring yang terpasang kuat, karena dipilih bahan yang berkualitas. Selain itu, kekuatan lain dari pasang bambu dipinggir sungai sebagai penahannya. Intinya dengan kegiatan setiap hari membersihkan bantaran dan Sungai Citarum tetap akan termonitor”.***

Facebook Comments

Leave a Reply