Staff Gathering Tebu Group Temukan Tim Yang Solid

Sebenarnya apakah gathering atau outing itu ? mengapa justru banyak perusahaan atau instansi yang terkesan justru seperti menghamburkan uang untuk sekedar bersenang – senang ?

Tetapi justru sekarang ini menjadi trensetter perusahaan atau instansi mengadakan gathering / outing, entah dengan nama company gathering, family gathering, ataupun sejenisnya dengan maksud dan tujuan tertentu. Setahun sekali perusahaan menggelar gathering. Ini hal yang sudah umum dilakukan oleh kebanyakan perusahaan atau instansi.

Sebenarnya apa saja manfaat dan tujuan gathering / outing bagi sebuah instansi atau perusahaan ?

Belum lama ini, Jumat (4/11) Staff Gathering digelar oleh Tebu Group yakni berkumpulnya karyawan Tebu Hotel dan karyawan Grand Tebu Hotel dijalan RE Martadinata 207 Bandung. Dengan mengenakan pakaian adat nasional para karyawan berdandan layaknya akan diadakan ulang tahun Kemerdekaan Indonesia, biasanya saat upacara bendera mengenakan pakaian adat nasional.

Iringan musik sunda mengalun lirih merambat disetiap sudut ballroom berkapasitas 300 orang dilantai 17, Grand Tebu Hotel menyambut ruang dengar karyawan yang satu persatu berdatangan mengambil kursi sambil bercengkrama. Wajah-wajah ceria saling tegur sapa menanyakan kabar dan saling memuji karena tampak pangling dengan adi busana yang dikenakan karyawan.

Tidak begitu lama, pembawa acara Balina dan Wahyu membuka acara Staff Gathering dibuka dengan mengawalinya pembacaan do’a oleh Bapak Jum Kasep dari enginering. Meluncur kata sambutan yang diawali oleh Bapak Arief Santosa, Direktur PT Panen Raya Santosa merupakan holding Tebu Group. Disusul oleh General Manager Grand Tebu Hotel, Ahmad Rifai yang menyampaikan bahwa kegiatan Staff Gathering ini tidaklah lain dalam rangka membentuk kebersamaan (team work). Jika rasa kebersamaan sudah tertanam di masing–masing karyawan Tebu Hotel maupun Grand Tebu maka akan ada rasa tanggung jawab, kepedulian, rasa setia kawan, saling membantu, sehingga menjadi tim yang solid. Tidak berbeda dengan yang disampaikan oleh Gumelar, Hotel Manager Tebu Hotel bahwa dengan tim yang solid akan dapat meningkatkan Kinerja, serta meningkatkan penjualan produk dalam bentuk program-program, serta meningkatkan pelayanan secara maksimal kepada tamu Tebu Hotel dan Grand Tebu.

Turut hadir perwakilan karyawan Clove Garden Hotel yang merupakan satu managemen hospitality Willson Hotel bersama Tebu Hotel dan Grand Tebu Hotel. Sayang sekali founder Willson Hotel, Bapak Ardi Willson tidak bisa hadir dikarenakan adanya meeting mendadak bersama mitranya.

Rangkaian acara yang ditunggu-tunggu berupa hiburan performen dari karyawan, ada yang menampilkan tarian tradisional, fashion show busana adat nasional, bernyanyi hingga berjoged bersama hingga stand Up Comedi. Tidak ketinggalan disela-sela acara hiburan dilaporkan kemajuan revenue Tebu Hotel dan Grand Tebu Hotel oleh Direktur Of Sales Corporate Tebu Group, Sanov Chan yang incress dalam grafik, menunjukkan kemajuan secara signifikan tiap bulannya berkat kerjasama yang baik antar karyawan baik satu devisi maupun lintas devisi yang terkoordinasi bagus.

Ternyata, dari penampilan performen perwakilan masing-masing karyawan hotel mendapatkan penilaian dari panitia, dan hadiah yang diperebutkan berupa uang tunai. Tampak semangat penampilan yang disuguhkan bahkan kadang terpecah gelak tawa penonton melihat penampilan yang dadakan tanpa berlatih alias spontanitas ini. Suasana menjadi lebih cair.

Rasa kebersamaan yang tercipta dalam satu malam berharap akan berbekas dalam keseharian dalam meningkatkan kinerja karyawan dalam tim yang solid. Diakhir acara, seluruh karyawan bersama menyanyikan lagu “Kemesraan” sambil menuntaskan tukar kado antar karyawan.

Dapat disimpulkan bahwa arti penting adanya Staff Gathering yang diselenggarakan oleh Tebu Group dalam rangka membentuk kebersamaan. Sedangkan tujuan utama dalam mengadakan staff gathering ini jika rasa kebersamaan sudah tertanam di masing – masing individu maka akan ada rasa tanggung jawab, kepedulian, rasa setia kawan, saling membantu. Tujuan kedua adalah membentuk tim yang solid. Semua karyawan yang telah mengikuti kegiatan staff gathering untuk terus sadar dan mengetahui bahwa mereka adalah bagian dari tim. Sedangkan yang terakhir adalah peningkatan kinerja, penjualan, dan pelayanan secara maksimal.***

Facebook Comments

Leave a Reply