PEMANTAUAN BERSAMA PROGRAM BISA UPAYA PENURUNAN STUNTING DI JAWA BARAT

PEMANTAUAN BERSAMA PROGRAM BISA

Bandung Side, jl. Peta – Pemantauan Bersama Program BISA (Better Investment for Stunting Alleviation/ Investasi Lebih Baik untuk Penurunan Stunting) menggandeng seluruh mitra terkait upaya penurunan Stunting di Jawa Barat.

Pemantauan bersama ini dilakukan di dua kabupaten dampingan yakni Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung Barat secara marathon selama 2 hari.

Program BISA diinisiasi sejak tahun 2019 atas kolaborasi antara Save the Children dan Nutrition International dengan dukungan Pemerintah Kanada, Pemerintah Australia, Power Of Nutrition dan Unilever. Program ini bertujuan untuk mendukung Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam menurunkan target stunting 14% di tahun 2024.

“Melalui Pemantauan Bersama ini, Program BISA berupaya mendokumentasikan praktik–praktik baik, tantangan serta upaya perbaikan untuk dapat berkontribusi terhadap penurunan angka stunting di Jawa Barat. Harapannya, kegiatan ini dapat memberikan rekomendasi konkrit bersama Pemerintah dan mitra pelaksana lainnya seperti PKBI Jabar,” Jelas Aduma Situmorang, Plt. Direktur Kesehatan dan Gizi, Save the Children Indonesia, Rabu, 06 September 2023.

Pemantauan Bersama
Aduma Situmorang, Plt. Direktur Kesehatan dan Gizi, Save the Children Indonesia saat beraudiens di BAPPPPEDA Kab. Sumedang diterima oleh Wakil Bupati H. Erwan Setiawan, S.E, Senin 06 September 2023.

Sebanyak 145.189 siswa/siswi termasuk diantaranya 44 anak dengan disabilitas telah terpapar edukasi terkait penekanan terhadap upaya praktik baik cuci tangan pakai sabun.

Tak hanya itu, tercatat 2.092 fasilitator sekolah, 409 kader posyandu, 11.643 ibu hamil/ibu bayi 2 tahun/Ibu bayi 5 tahun telah mendapatkan pengetahuan terkait Emo Demo.

“Pada lima tahun terakhir, angka prevalensi stunting di Kabupaten Sumedang mengalami penurunan dari 32,2% di tahun 2018, menjadi 8,27% di tahun 2022 (dapat turun sekitar 24%),” kata H. Erwan Setiawan, S.E., Wakil Bupati Kabupaten Sumedang saat menerima audiens Tim BISA dan Mitra di ruang Tajimalema, gedung BAPPPPEDA, jl. Prabu Gajah Agung No.9.

Pesan dari Bapak Bupati bahwa Praktik Baik ini harus diteruskan dan dilanjutkan ke daerah-daerah lain di Kabupaten Sumedang, sehingga nanti setelah kegiatan Pemantauan Bersama dari Program BISA pelaporannya segera disampaikan dengan cepat agar kami dapat mengetahui kekurangan dan kelebihannya.

Pemantauan Bersama
Pemantauan Bersama Praktik EMO DEMO di Desa Posyandu Sukasirnarasa, Kab. Sumedang, Senin, 04 September 2023.

“Hal tersebut diperlukan untuk dapatnya kita merespon cepat apa yang akan ditingkatkan untuk segera ditingkatkan, atau segera ditindaklanjuti.” tutur Erwan Setiawan.

Program BISA di Jawa Barat yang diimplementasi Save the Children, Nutrition International dan PKBI melakukan Pemantauan Bersama di Kabupaten Sumedang pada tanggal 4 September 2023 dan di Kabupaten Bandung Barat pada tanggal 5 September 2023.

Pemantauan Bersama yang diikuti oleh BAPPEDA Provinsi Jawa Barat, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung Barat, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung Barat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung Barat, Tim BISA SCIDN dan NI, Tim Advokasi SCIDN, TIM PKBI Jawa Barat, Perwakilan Fasilitator Emo Demo Tingkat Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung Barat, dan awak Media.

Pemantauan Bersama
Pemantauan Bersama pelaksanaan Sesi Modul Gizi Remaja & Cuci Tangan Pakai Sabun di SMPN 1 Rancakalong, Kab. Sumedang, Senin, 4 September 2023.

Pada Hari Senin, 4 September 2023 Pemantauan Bersama di Kabupaten Sumedang dengan tujuan kunjungan pelaksanaan Emo Demo di Posyandu Ds. Sukasirnarasa, kunjungan pelaksanaan Sesi Modul Gizi Remaja & Cuci Tangan Pakai Sabun di SMPN 1 Rancakalong dilaksanakan oleh Kelompok 1.

Sedangkan Kelompok 2 melaksanakan kunjungan Sekolah mendukung Program WIFA yakni SMAN 1 Rancakalong dan dilanjutkan kunjungan ke Puskesmas Rancakalong dalam pelaksanaan EMO DEMO.

Pada Selasa, 5 September 2023 dilanjutkan Pemantauan Bersama di Kabupaten Bandung Barat dengan kunjungan pelaksanaan Sesi Modul Gizi Remaja & Cuci Tangan Pakai Sabun di SDN 1 Cihampelas oleh Kelompok I dan kunjungan ke SMK Fajar Kencana mendukung Program WIFA (Weekly Iron Folic Acid) di Kec. Cihampelas dilakukan oleh Kelompok 2.

Usai melakukan Pemantauan Bersama di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung Barat dilanjutkan kegiatan Rapat Kosultasi pada Rabu, 6 September 2023 bersama BAPPEDA Provinsi Jawa Barat bersama Mitra guna membahas keberlanjutan Program BISA terhadap 8 Aksi Konvergensi program penurunan Stunting.

Rapat Konsultasi
Usai melakukan Pemantauan Bersama Tim BISA, NI dan Mitra di Kab. Sumedang dan Kab Bandung Barat ditutup dengan Rapat Konsultasi.

Pemantauan Bersama di kedua kabupaten ditutup dengan Rapat Konsultasi pada tanggal 6 September 2023 menghadirkan juga Pemerintah Pusat sebagai Keynote Speaker dari BAPPENAS guna memaparkan “Perkembangan terkini dan tantangan/ isu dari program penurunan stunting di Indonesia”.

Rapat Konsultasi ini untuk merefekleksi praktik baik Program BISA yang perlu diadvokasi di ranah kebijakan dan penganggaran untuk memastikan keberlanjutan Program BISA.

“Sebelum ikut Emo Demo 6 modul saya belum mengetahui ukuran perut bayi sehingga jika ada yang memberi makan di bawah usia 6 bulan itu biasa saja, tetapi setelah mengikuti EmoDemo – Modul ASI Saja Cukup saya mengetahui ukuran perut bayi. Yang menyebabkan perubahan yang saya alamin, hati saya tergerak dari permainan Emo Demo yang membuat saya terkejut sehingga mau mengubah pola pikir dan perilaku saya,” Jelas Selly, ibu dengan bayi baduta, Kabupaten Bandung Barat.***

loading...
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan