Yamcha Resto Mengajak Warga Bandung Beraktifitas Pagi Dengan Sarapan

Yamcha Resto

Bandung Side, Buah Batu – Yamcha Resto hadir di jalan Buah Batu, Bandung mengusung authentic restauran Hongkong bercirikan klakat bambu sebagai tempat Dim Sum yakni menu khas sebelum aktifitas pagi, yaitu Sarapan.

Restauran unik dengan menu khas Hongkong diberi nama Yamcha merupakan bahasa Katon dari tulisan YUM CHA yang artinya Minum Teh di pagi hari, merupakan tradisi yang sudah berlangsung sekitar tahun 2737 SM, Kaisar Shennong menjadikan minum teh sebagai bagian dari budaya.

“Tradisi minum teh sudah lama dijalani dan menjadi bagian dari budaya, maka dari itu untuk mengangkat lagi kepermukaan tradisi di pagi hari itu, Yamcha Resto mencoba mengenalkan kembali,” kata Sherin Pai, pemilik Yamcha Resto, Sabtu, 26/11/2022.

Yamcha Resto
Sherin Pai (kanan) saat memotong pita sebagai tanda dibukanya toko pertama Yamcha Resto di jl. Buah Batu 222-A , Sabtu 26/11/2022

Menurut masyarakat Hong Kong, lanjut Sherin Pai, teh memiliki kasiat untuk memperlancar pencernaan, dan sebagai hidangan yang wajib untuk tamu. Bahkan kembali digebyarkan sejak tahun 2000 tradisi minum teh dibarengi dengan aktifitas makan pagi bersama Dim Sum.

Pada masyarakat modern, restauran Dim Sum menjadi tempat berkumpul bersama keluarga untuk sekadar mengobrol dan menikmati makanan Din Sum. Dan Yamcha ucapan secara lisan dari Yum cha juga menjadi ritual pagi hari bagi para warga Hongkong setelah berolahraga tai chi atau berjalan kaki, tambah Sherin.

Bila ada yang diundang aktifitas Yamcha, hal ini merupakan bentuk interaksi sosial. Begitu pula dengan pengusaha, memilih Yamcha sebagai media untuk membicarakan perihal bisnis dengan para relasinya.

Yamcha Resto
Sherin Pai selaku pemilik Yamcha Resto membukakan pintu dengan ramah mempersilahkan tamu pertama memasuki restauran pertama di bilangan jl. Buah Batu, Batu, Bandung.

“Pada masyarakat Kanton menganggap Yamcha sebagai ritual yang lezat, menyegarkan dan tidak mahal, sehingga bukan hanya momennya untuk aktifitas pagi hari, kini juga melakukan Yamcha pada saat sing, sore maupun di malam hari,” kisah Sherin Pai.

“Di Indonesia, aktifitas pagi pada umumnya adalah bekerja, hadirnya Yamcha Resto juga ingin mengkampanyekan kembali bahwa pentingnya Sarapan Pagi sebelum beraktifitas kerja maupun belajar di sekolah atau kampus,” ungkap Sherin Pai.

Menu Dim Sum dan teh khas Hongkong akan hadir menemani sebelum melakukan pekerjaan atau aktifitas sehari-hari agar lebih semangat dengan terlebih dahulu Sarapan Pagi.

Sambutan hangat karyawan Yamcha Resto
Sambutan hangat karyawan Yamcha Resto kepada tamu saat dibuka pada Sabtu, 26/11/2022.

“Yamcha tidak hanya menyediakan aneka Dim Sum dengan label No Pork No Lard yakni tidak ada daging babi dan tidak ada minyak babi, ada juga pastries aneka Bolo Bun, saat ini diskon 50% sampai akhir bulan November 2022, baik Dine in maupun Take Away,” ujar Sherin.

Saat tidur di malam hari, tidak ada aktifitas makan dan minum selama kurang lebih beberapa jam hingga bangun pagi. Sehingga membuat tubuh anda butuh diisi kembali dengan makanan yang sehat dan bergizi untuk beraktifitas pagi.

Mengisi kembali energi guna mendukung aktivitas di pagi hari dapat mengatasi masalah anemia, meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Sarapan pagi dengan banyak mengandung serat seperti Bolo Bun, dapat mengembalikan energi di dalam tubuh serta mendapatkan manfaat kualitas kinerja otak saat ada di kantor dan sekolah.

Sherin Pai
Di hari pertama pembukaan Yamcha Resto, Sherin Pai melayani langsung tamu yang memesan Dim Sum dan Bolo Bun serta minuman.

Dim Sum yang dikenal di Indonesia
Siu Mai berbentuk tabung berisi daging ayam dan udang dengan parutan wortel diatasnya, bahkan ada Siu Mai yang ditabur Jamur dan Keju Mozarella. Xiao Long Bao bentuk bulat berisi daging ayam, udang atau kepiting, sebagai pangsit sup diolah dengan cara dikukus.

Jiaozi, isi daging ayam dan ikan bila direbus namanya suikiaw dan dipanggang namanya tau guotie. Har Gow atau Akaw memiliki kulit tipis mirip kerang terbuat dari gandung dan tepung tapioka, ranya asin dan gurih namun kenyal.

Bao Zi atau dikenal dengan Bakpao berisikan daging ayam atau sapi. Steamed Meatball atau bakso rebus. Mantau berpenampilan seperti Bakpao namun Mantau tidak berisi daging, hanya roti biasa dari tepung terigu.

Zheng Feng Zhua, olahan ceker ayam dikukus dan memiliki cita rasa yang segar, manis dan tekstur yang lembut. Chun Juan, dikenal dengan spring roll atau lumpia proses pengolahannya dengan digoreng berisikan ragam sayuran dan daging yang dibalut dengan adonan yang membungkusnya.

Aneka Dim Sum
Aneka Dim Sum dan Bolo Bun siap dinikmati oleh tamu Yamcha Resto.

Wan Ton, dibuat dari daging ayam cincang yang kemudian dibungkus dengan kulit pangsit, memiliki tekstur yang crunchy. Dan yang terakhir macam dim sum yang dikenal di Indonesia adalah Lumpia Kukus, berisikan daging ayam, daging kepiting dan udang yang dicincang dibungkus dengan kulit lumpia tahu.

Kalau masih penasaran dengan jenis Dim Sum seperti yang dikenal namun penasaran dengan rasanya saat berkunjung di Yamcha Resto, tunggu apalagi…

Yamcha Resto siap menyambut tamu mulai pukul 06.00 hingga tutup nanti malam pada pukul 10.00. Budaya sarapan pagi dimulai dari datang ke Yamcha Resto, nikmati menu Dim Sum dengan secangkir teh khas dari Hong Kong, akan segera memulihkan semangat pagi mu.***

loading...
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan