FUN Semarakkan Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-381 Dengan Baksos

FUN Semarakkan Hari Jadi Kabupaten Bandung

Bandung Side, Katapang – FUN (Forum UMKM Nuswantara) semarakkan Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-381 dengan menggelar bakti sosial (Baksos) cek kesehatan dan terapis gratis, Kamis (21/04/2022).

Forum UMKM Nuswantara bidang Terapis Herbalis menggandeng Nutrindo perusahaan jamu terkemuka memberikan layanan cek kesehatan dan terapis gratis bertempat di N’DE Cafe & Resto, Komplek Taman Kopo Katapang Blok G6 No. 15, Katapang Kabupaten Bandung.

Kegiatan sosial seperti pemberian terapis gratis bukan hal pertama bagi Forum UMKM Nuswantara, namun guna mensosialisasikan pentingnya arti kesehatan bagi masyarakat maka FUN semarakkan Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-381 kembali mengambil bagian.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua FUN Terapis_Herbalis, Deni Jatnika bahwa dalam semarakkan Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-381, Forum UMKM Nuswantara menggelar cek kesehatan dan terapis gratis bagi masyarakat umum.

FUN Semarakkan Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-381
Kolaborasi FUN dan Nutrindo Semarakkan Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-381 dengan Menggelar Baksos Cek Kesehatan dan Terapis Gratis. Tampak Ketua FUN Terapis_Herbalis, Deni Jatnika (tengah) didampingi Dadan, Kepala Wilayah Nutrindo Bandung Selatan (kiri).

“FUN yang beranggotakan pelaku UMKM terdapat berbagai jenis usaha baik makanan, minuman, kerajinan, fashion hingga pengusaha herbal dan jasa terapis,” kata Deni Jatnika.

Alhamdulillah dari komunitas terapis terkumpul terapis bekam, akupresure elektrik (Akulektrik), akupuntur, pijat tradisional dan herbalis, tambah Denny.

“Bakti sosial dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Bandung ke-381 ini memang baru pertama kalinya di Kabupaten Bandung menampilkan FUN Terapis_Herbalis sesuai himbauan dari Dinas Koperasi UKM, Kabupaten Bandung,” ujar Deni jatnika yang akrab disapa Kang Den.

Hal tersebut sekaligus mensosialisasikan kepada masyarakat luas bahwa Forum UMKM Nuswantara beranggotakan berbagai jenis usaha yang menjadi binaan HIPMI dan Kadin, tambah Kang Den.

FUN Semarakkan Hari Jadi Kabupaten Bandung Ke-381
Salah seorang warga yang sedang diterapi akupresure oleh Master Akupresure, Kang Mumu dalam kegiatan FUN Baksos Cek Kesehatan dan Terapis Gratis dalam rangka semarakkan Hari jadi Kabupaten Bandung Ke-381.

“Bakti sosial berupa cek kesehatan dan terapis gratis mendapatkan sambutan hangat dan antusias dari warga sekitar komplek Taman Kopo Katapang hingga warga Desa Cilampeni,” jelas Deni Jatnika usai menerapi pengunjung dari salah satu karyawan ruko di Komplek Taman Kopo Katapang.

“Bertatap muka langsung dengan warga dan mendarma baktikan pelaku jasa Terapis_Herbalis hendaknya tidak sampai disini saja, kami siap sedia untuk menindaklanjuti terapi kepada warga untuk keberlanjutannya,” pungkas Kang Deni.

Sementara itu, Kamal Nurdin SKM.,MSi., bidang Promosi Kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung dalam hal ini mewakili Kepala Dinas Kesehatan yang berhatangan hadir sangat apresiatif dengan kegiatan sosial yang dilakukan oleh Forum UMKM Nuswantara.

“Kami mengapresiasi atas inisiatif FUN dengan menggelar kegiatan Baksos cek kesehatan dan terapis gratis ini. Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung ingin memberikan sesuatu yang terbaik untuk masyarakat dengan Gebyar Kesehatan,” kata Kamal.

FUN Terapis_Herbalis
Kamal Nurdin SKM.,MSi., bidang Promosi Kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung (tengah) sangat apresiatif dengan Baksos FUN dalam rangka semarakkan Hari Jadi Kabupaten Bandung Ke-381 menggelar Cek Kesehatan dan Terapis Gratis.

Gebyar Kesehatan ini manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat bahkan teman-teman di profesi juga melaksanakan Gebyar PTM atau cek kesehatan Penyakit Tidak Menular selama satu minggu yakni tanggal 18 -23 April ini di setiap Puskesmas secara gratis, tambah Kamal Nurdin.

“Dinas Kesehatan memiliki target cek kesehatan kurang lebih sekitar 20 – 25 ribu orang dapat terjaring dalam satu minggu. Ternyata FUN dengan kegiatan Baksos nya sangat membantu sekali dengan peran aktif dan partisipasinya mensukseskan Gebyar Kesehatan ini,” terang Kamal.

Dari 62 Puskesmas di Kabupaten Bandung terus bergerak dalam penjaringan seperti yang telah FUN lakukan ini, lanjut Kamal.

Gebyar Kesehatan yang dilaksanakan Dinas Kesehatan dengan cek kesehatan sebagai upaya pencegahan atau upaya preventif mengantisipasi datangnya Penyakit Tidak Menular yang membebani biaya kesehatan di masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan cek kesehatan bisa mendongkrak capaian-capaian bahwa masyarakat sekarang harus sadar akan kesehatan sedini mungkin, jangan sampai saat sekarang di cek kesehatannya sudah terdeteksi parah, seperti hipertensi dan stoke,” ungkap Kamal.

Forum UMKM Nuswantara
Warga Katapang sangat antusias diterapi Akulektrik, mengikuti Baksos FUN Terapis_Herbalis dalam rangka semarakkan Hari jadi Kabupaten Bandung Ke-381

Dapat diketahui bahwa biaya hidup paling besar adalah biaya pengobatan Penyakit Tidak Menular seperti diabet, hipertensi, kanker dan lain sebagainya yang tahun lalu menurut laporan BPJS sekitar 35 milyar.

“Padahal jika masyarakatnya sehat, maka dana sebesar itu dapat dialihkan ke kegiatan lain yang dibutuhkan masyarakat,” ujar Kamal.

Selain itu, bila warga sakit akan menjadi beban orang lain hingga mengakibatkan tidak produktif lagi. Sehingga upaya Pemerintah Kabupaten Bandung adalah mengajak masyarakat meningkatkan pola hidup sehat dan perilaku sehat.

Mencegah Penyakit Tidak Menular itu butuh proses, hendaknya dibangun dari mulai Balita, Remaja hingga Tua sehingga masih produktif dalam melakukan aktifitas.

“Penyakit Tidak Menular bisa dari turunan dan bisa dari perilaku yang tidak sehat tersebut,” pungkas Kamal Nurdin.***

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan