Palma College Bandung Mencetak SDM Unggul

Palma College Bandung

Bandung Side, Pasteur – Palma College Bandung afiliasi PT Ratu Oceania Raya menggelar breafing morning bersama kaum milenial agar mempersiapkan diri untuk bergabung dijalur pelayaran internasional.

Hadir dalam breafing morning Chairman PT Ratu Oceania Raya, Deddy Herfiandi yang langsung memberi presentasi peluang besar bekerja di jalur pelayaran internasional, pelayaran komersial, dan hotel di seluruh dunia.

PT Ratu Oceania Raya sebuah perusahaan penyedia personel hotel dan kelautan yang telah menerima penghargaan “Mitra Perekrut Terbaik” dari klien jalur pelayaran selama 2 tahun berturut-turut.

Tidak mengherankan dengan mendapatkan penghargaan sebagai mitra perekrut terbaik, karena PT Ratu Oceania Raya dalam melakukan perekrutan memiliki komitmen kuat sebagai penyedia sumber daya manusia unggul.

Deddy Herfiandi
Deddy Herfiandi, Chairman PT Ratu Oceania Raya

Hingga memiliki ISO 9001:2008/MLC 2006 yakni sebuah sertifikat izin dari Kementerian Perhubungan – Direktur Jenderal Perhubungan Laut terbayar dengan kepercayaan klien seperti Royal Caribbean Cruises LTD., Magical Cruise Company LTD. (Disney Cruise), Apollo Ship Chandlers, Catering Int’l Services, The World/Row Management LTD., CMI Leisure Management Inc., Viking Ocean Cruises, Fleet Maritime Services Int’l/ Carnival Uk P&0 & Cunard dan Seachefs Cruise LTD.

Menurut Deddy Herfiandi dari data yang dimiliki PT Ratu Oceania Raya bahwa pengerahan crew dari permintaan klien dari 2007 – 2020 mengalami peningkatan yang signifikan dari mulai 200 personal hingga 7000 personil.

“Kita bisa melihat bahwa permintaan sumber daya manusia di jalur pelayaran begitu besar, namun percepatan memenuhinya agak melambat,” ujar Deddy Herfiandi.

Hal tersebut dikarenakan tenaga kerja di bidang pelayaran memiliki standar tertentu, selain harus kerja keras, lanjut Deddy.

Contoh peluang kerja di perhotelan pada departemen culinery; Sous chef, Pastry Chef, Chef de Partie, Baker, Butcher, Commis Cook, Buffet Cook, Pastry Cook, Sushi Cook, Galley Steward, Utility Cleaner.

Pada departemen Food & Bekery; Waiter, Asst. Waiter, Bartender, Bar Server, Barista, Bar Utility, Restaurant Utility, Sommelier, Room Service Attd., Mess Attendant, Cafe Attendant.

Sedangkan peluang posisi di departemen housekeeping yakni Stateroom Attendant, Housekeeping Cleaner, Bell Attendant, Dry Cleaner, Laundry Man, Linenkeeper, Pool Attendant, Butler, Florist, Taylor.

“Posisi tersebut biasanya untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia hotel bintang 4 dan 5,” ungkap Deddy.

“Yang selalu menarik dijalur pelayaran posisi yang diminati adalah Ordinary Seaman, Able Body Seaman, Oiler, Quarter Master, Bosun, Motorman, Electrician, Ship’s Carpenter, Assistant Bosun,” kata Deddy kembali.

Posisi tersebut biasanya permintaan dari kapal pesiar atau kapal wisata yang tentunya memiliki besaran dan seluas lapangan bola, bisa dibayangkan kesibukan pekerjanya, tambah Deddy.

Palma College Bandung
Palma College Bandung

“Dalam perekrutan yang dilakukan oleh PT Ratu Oceania Raya melalui surat lamaran, wawancara pra penyaringan, wawancara terakhir, memproses dokumen, breafing sebelum pemberangkatan dan pemberangkatan,” ujar Deddy.

Tentu saja, saat pelatihan di Palma College Bandung akan diajarkan proses detail apa saja yang dibutuhkan setiap tahapan perekrutan agar baik skills dan administrasi sebagai pekerja kapal dapat terpenuhi.

“Sebagai pekerja kapal tidak menutup kemungkinan minatnya adalah perempuan, jangan dikira tidak ada pekerja kapal yang perempuan. Di kapal pekerja perempuan mendapatkan perlindungan sesuai hak nya bahkan terhadap pelecehan baik dari tamu maupun sesama pekerja,” ungkap Deddy Herfiandi.

“Kerja keras kalian di kapal akan terbayar dari posisi yang dibutuhkan paling minim di gaji $ 1000 sampai $ 4.800 bila pada posisi leader. Belum termasuk tip yang diterima dari tamu perharinya,” ujar Deddy.

“Ayo kita berhitung, tip yang diberikan tamu minimal $ 2.5 sementara pekerja bisa melayani kurang lebih 40 tamu. Dalam 1 hari pekerja dapat tidak kurang $ 100 uang tip, dalam satu bulan dengan semangat melayani tidak kurang dari $ 3000, bisa kalah gaji nya,” ungkap Deddy menutup presentasinya.

Satria Pringgodani
Satria Pringgodani, Komisaris Alma Corp saat memberi inspirasi kepada anak muda saat breafing morning yang diselenggarakan oleh Alma College Bandung, Minggu 2 Oktober 2021.

Apa yang dikatakan Chairman PT Ratu Oceania Raya dibenarkan oleh Satria Pringgodani, Komisaris Alma Corp bahwa dari pengalamannya bekerja di kapal pesiar sampai dapat membeli rumah dengan tunai, tidak dengan mencicil dalam waktu 9 bulan 10 hari.

“Setelah membeli rumah dengan tunai, saya berangkat lagi untuk bekerja dan pulangnya membeli mobil galand dengan cash lagi,” kata Satria Pringgodani.

Untuk bekerja di kapal dibutuhkan kerja keras, kemauan keras dan jangan takut jatuh, semangat terus sampai apa yang kita cari didapatkan, tambah Satria.

“Kerja di kapal duit nya besar, bisa keliling negara satu ke negara yang lain, pergaulan luas, skills bertambah dan tentunya bisa menabung,” ujar Satria Pringgodani.

Dari kerja di kapal saya dapat mengelola 3 hotel di Jakarta dan 5 di Bandung hal tersebut berasal dari pengalaman menjadi General Manager 7x di hotel bintang 4 dan bintang 5, lanjut Satria.

Dari pengalaman bekerja di kapal, Satria juga melanjutkan pendidikan tinggi melalui sistem e-learning, bekerja belum selesai malah sudah dapat ijazah sekolah luar negeri.

Bukan hanya itu, dari apa yang didapat bekerja di kapal, Satria memiliki cita-cita membantu sesama khususnya anak muda agar bisa maju, baik secara material maupun maju dalam pola pikir.

palma college bandung
Palma College Bandung gelar Breafing Morning yang diikuti Anak Muda dengan antusia, Minggu 02 Oktober 2021

“Jadi bila kalian sukses bekerja di kapal jangan lupa membantu sesama, membantu yang kekurangan seperti adanya peternakan 80.000 ayam yang saya miliki pekerjanya juga anak muda yang kurang beruntung,” ujar Satria.

“Tetap bersyukur dengan apa yang kita dapat, kerja keras, belajar keras, bantu sesama dan dukungan keluarga sangat penting sebagai pegangan dan semangat serta motivasi diri untuk meraih sukses,” pungkas Satria Pringgodani.

Sementara itu, Ardi Willson, Direktur Palma College Bandung mengatakan bahwa kehadiran Palma College Bandung mengajak generasi muda untuk maju dengan memanfaatkan peluang bekerja pada jalur pelayaran dan sektor perhotelan.

“Peluang besar bekerja di kapal maupun di sektor perhotelan perlu di sosialisasikan kepada generasi muda, apalagi di masa pandemi Covid-19 menyisakan PHK dan pengangguran,” ucap Ardi Willson.

Palma College Bandung akan memberi pelatihan sesuai standar kebutuhan klien agar mendapatkan sumber daya manusia unggul sehingga akan dapat meningkatkan taraf hidup, lanjut Ardi.

“Tidak seharusnya kita hanya menjadi penonton, kita dapat mengambil bagian peluang tersebut dengan inspirasi yang diberikan oleh Bapak Deddy Herfiandi dan Bapak Satria untuk segera memulai aksi,” ujar Ardi Willson.

“Segera daftar untuk mengikuti pelatihan di Palma College Bandung, kapal pesiar sudah menunggu untuk memperkerjakan,” pungkas Ardi Willson.***

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan