IHGMA DPD Jawa Barat Gelar Donor Darah Upaya Kolaborasi dan Kontribusi

IHGMA DPD Jawa Barat

Bandung Side, jl. Braga – IHGMA DPD Jawa Barat gelar aksi donor darah sebagai upaya kolaborasi dan kontribusi kepada masyarakat dimasa pandemi Covid-19 bertempat di Fave Hotel Bandung jl Braga, Selasa (6/4/2021).

Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) sebagai wadah komunikasi para General Manager hotel harus mampu memberikan kontribusi yang positif di sektor perhotelan khususnya dan pariwisata pada umumnya.

Iwan Rismawardani, Ketua IHGMA DPD Jawa Barat mengatakan,” upaya percepatan berkontribusi tersebut mana kala usai rakerda tahun lalu IHGMA DPD Jawa Barat memiliki program kerja berasal dari review kegiatan sebelumnya”.

Setiap devisi memiliki program sendiri, misalkan devisi diklat, seminar dan lain-lain, sehingga kegiatan donor darah ini bagian dari devisi Corporate Social Responsibility (CSR) yang dapat diikuti terbuka untuk umum bukan hanya anggota IHGMA.

IHGMA DPD Jawa Barat Gelar Donor Darah
IHGMA DPD Jawa Barat Gelar Aksi Donor Darah Sebagai Upaya Kolaborasi dan Kontribusi kepada Mayarakat, Selasa (6/4/2021)

Saat ini begitu banyak orang membutuhkan sumbangan darah, bahkan keterkaitan dengan pandemi Covid-19 disaat aktifitas manusia dibatasi, semakin banyak orang membutuhkan sumbangan darah, lanjut Iwan.

Memang agak susah mendapatkan sumbangan darah dari pendonor disebabkan masih harus melalui adaptasi kebiasaan baru. Apalagi ada seleksi dari PMI mana darah yang cocok mana yang tidak cocok untuk pasien juga menjadi kendala.

Memasuki masa pandemi Covid-19, bisa dibilang minat donor darah sudah mulai turun. Bahkan merasa tidak yakin bila pendonor diidentifikasi sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19.

“Namun bila ada keyakinan dirinya sehat dan kuat silahkan saja mendonorkan darahnya melalui PMI Kota Bandung, toh nanti oleh PMI akan diseksi lagi, mana darah yang memenuhi syarat untuk pasien yang membutuhkan mana yang tidak,” kata Iwan.

“Kita menghimbau anggota IHGM DPD Jawa Barat yang ada di Bandung untuk support dan Alhamdulillah anggota dan masyarakat umum mengikutinya dan alhamdulillah terkumpul 40 labu,” jelas Iwan.

IHGMA DPD Jawa Barat
IHGMA DPD Jawa Barat berkolaborasi dengan PMI Kota Bandung, gelar aksi donor darah di Fave Hotel Bandung, Selasa (6/4/2021)

IHGMA DPD Jawa Barat Siap Berkolaborasi
Donor darah ini menjadi kegiatan CSR ke 2 dari IHGMA DPD Jawa Barat dan akan menjadi agenda rutin tiap 3 bulan sekali bila situasi dan kondisi memungkinkan dilaksanakan.

Awal bulan lalu IHGMA DPD Jawa Barat juga melaksanakan kegiatan CSR pertamanya bersama komunitas KIPAS, yang peduli kepada kaum kebutuhan khusus atau kaum difabel.

Komunitas tersebut melakukan show memperkenalkan kaum difabel yang juga bisa berkarya dan berkreasi dengan menampilkan seni drama, gerak tubuh, melukis dengan menggelorakan diri memperkenalkan pada dunia bahwa potensi mereka luar biasa.

“Keberlanjutan kerjasama dengan komunitas KIPAS yakni buah karya anak-anak difabel akan di display di lobby hotel sehingga ada kesempatan untuk dijual pada tamu,” kata Iwan.

“Saat kondisi normal, anak-anak difabel dapat melukis di ruang lobby, dapat memajang karyanya dilingkungan hotel, bila perlu ajak juga tamu untuk melukis bersama,” ungkap Iwan.

Kaum difabel dengan segala kekurangannya tapi mereka memiliki kelebihan untuk berkarya, jadi sebenarnya mereka sama saja dengan kita, mereka adalah saudara kita juga,”ucap Iwan menambahkan.

Respon positif juga ditunjukkan pada komunitas tersebut kepada IHGMA Jawa Barat, karena baru pertama kali mengajak mereka berkolaborasi.

Kaum difabel bukan untuk dikucilkan namun tepatnya harus dirangkul. Bahkan bilamana dapat berproduksi secara mass atau banyak dalam karyanya bisa menjadi salah satu bagian dari hotel.

IHGMA DPD Jawa Barat
Pendonor darah sedang ditangani tranfusi oleh salah seorang dokter, Selasa (6/4/2021)

“Apapun karyanya mereka, seperti bisa membuat masker, lukisan, atau apapun yang dapat dikurasi sebagai buah tangan tamu hotel, kenapa tidak diberi peluang ?,” seru Iwan.

Memang sementara masih pada produk yang bisa dispaly beberapa hotel, tidak menutup kemungkinan karya lain juga bisa melalui kurasi dahulu

Secara tersirat upaya kerjasama IHGMA Jawa Barat dengan komunitas yang peduli difabel ini dalam rangka membuka jaringan sebagai akses masuk membantu dan mengembangkan.

“Tamu hotel kan merupakan tamu istimewa, siapa tahu dari mereka bisa jadi donatur, membantu mengembangkan komunitas ini,”kata Iwan.

Pada intinya, IHGMA DPD Jawa Barat sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan asosiasi apapun juga, terutama UKM, tambah Iwan.

Dalam kondisi seperti ini menuntut untuk bisa berkolaborasi dengan pihak manapun, tidak bisa sendiri agar dapat menjadi kekuatan besar berkontribusi.

“IHGMA besar karena leader-leader sebagai pimpinan tertinggi di hotel, bagaimana caranya bisa berkolaborasi untuk berkontribusi kepada masyarakat,” pungkas Iwan Rismawardani.***

loading...
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan