Longsor Akibatkan Akses Jalan Taman Edukasi Sektor 4 Wangisagara Tertutup

Bandung Side, Majalaya – Akses jalan Taman Edukasi Sektor 4 Wangisagara tertutup tanah longsor sawah hingga mengancam padi yang sedang menguning, Kamis (28/5/2020).

Kejadian longsor sudah ke-3 kalinya, namun kali ini yang agak parah hingga menutupi jalan arteri yang merupakan akses menuju Taman Edukasi Sektor 4 Wangisagara. Hal tersebut disampaikan oleh satgas Sektor 4 Sub Desa Wangisagara, Serka Nanang.

Satgas Sektor 4 Sub Desa Wangisagara, Serka Nanang sedang menginventasir longsor tanah yang menutupi jalan akses ke Taman Edukasi Sektor 4 Wangisagara, Kamis (28/5/2020).

“Tanah sawah terasiring dengan ketinggian 40 meter tidak kuat menahan derasnya aliran air irigasi dari atas sehingga mengakibatkan longsor membawa tanah turun menutupi jalan akses ke Taman Edukasi Sektor 4 Wangisagara,”kata Serka Nanang.

Struktur tanah terasiring yang ditanam sayuran terbilang cadas dibagian bawahnya berisi batuan, sehingga air irigasi yang dialirkan melalui saluran yang telah disediakan oleh pengelola sawah ternyata dapat merembes melalui sela-sela bebatuan. Secara terus-menerus akan menggoyahkan batuan dan tidak dapat menahan beban tanah diatasnya, sehingga menggelontor turun kebawah hingga menutupi jalan sepanjang 15 meter, tambah Serka Nanang.

Longsor diketinggian 40 meter menutup akses jalan menuju Taman Edukasi Sektor 4 Wangisagara, Kamis (28/5/2020).

“Tanah lumpur yang menutupi jalan akses menuju Taman Edukasi Sektor 4 Wangisagara hingga diketinggian dengkul anggota Satgas Sektor 4 saat dibersihkan bersama warga penambang batu Sungai Citarum. Alhamdulillah tidak sampai menimbulkan korban jiwa karena saat kejadian longsor di malam hari,”terang Serka Nanang.

Pihak pengelola sawah hendaknya memperbaiki saluran buangan air irigasi menuju langsung ke Sungai Citarum, sehingga air untuk menggenangi petak sawah dan tanaman sayurannya diperlukan secukupnya, harapan Serka Nanang.

Air irigasi dialirkan langsung menuju ke Sungai Citarum untuk mengurangi rembesan yang mengakibatkan longsor, Kamis (28/5/2020).

Saat bandungside.com memantau lokasi longsor, kurang lebih 10 kubik tanah berlumpur yang menutupi jalan akses ke Taman Edukasi hingga 2 baris tanaman padi hendak dilabrak juga. Dan air irigasi masih deras mengalir melebar menggenangi jalan arteri yang dilapisi batuan kali, terdapat 3 pintu aliran yang menggenangi jalan yang menandakan air irigasi buangan tidak mengalir kesaluran yang sudah disediakan oleh pengelola sawah.

Taman Edukasi Sektor 4 Wangisagara merupakan salah satu ikon Sektor 4 Citarum Harum yang saat ini sedang ditutup, dikarenakan pandemi Covid-19 diharuskan membatasi berkumpulnya warga agar penyebarannya dapat diputus. Setelah masa pandemi Covid-19 dinyatakan aman, Taman Edukasi Sektor 4 Wangisagara akan dibuka kembali untuk umum.***

loading...
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan