Lukisan Mural Sebagai Media Edukasi tentang Program Citarum Harum

Bandung Side, Majalaya – Memanfaatkan dinding, tembok yang memiliki permukaan luas dari lokasi yang ada di Ikon Wisata Air Sungai Cikakembang, Satgas Sektor 4 Citarum Harum bersama warga citrakan lukisan Mural sebagai media edukasi Program Citarum Harum. Selasa (10/3/2020).

Layaknya wallpaper dinding, tembok yang membatasi area milik pabrik dijadikan media kesenian lukis mural diterapkan pada ruang publik Ikon Wisata Air Sungai Cikakembang memgangkat tema-tema lingkungan dan ekosistem Sungai Citarum. “Lukisan mural pada didinding tembok sebagai media edukasi sangat diminati dan menjadi tren dewasa ini. Pesan-pesan pada pemaknaan lukisan disampaikan secara kreatif oleh seniman-seniman yang kebetulan berasal dari karyawan pabrik,”kata Serka Kurniadi, Satgas Sektor 4 Sub Desa Padamulya.

Lukisan Mural hadir di Wisata Air Sungai Cikakembang, Selasa (11/3/2020).

“Seni lukis Mural sudah diperkenalkan 31.500 tahun yang lalu tepatnya pada jaman prasejarah yakni terdapat pada dinding-dinding goa. Dengan berkembangnya peradapan seni lukis Mural dapat dijadikan media penyampai pesan selain untuk keindahan,”jelas Serka Kurniadi.

Lukisan Mural sepanjang 1,5 km akan mejadi inspirasi bagi yang melihatnya saat mengunjungi lokasi Wisata Air Sungai Cikakembang, lanjut Serka Kurniadi, yang sementara ini masih dikerjakan oleh Satgas Sektor 4 dibantu oleh seniman dari Majalaya dan beberapa karyawan pabrik. Setelah itu bisa dilanjutkan bagi ingin berpartisipasi menyelesaikannya, hal tersebut sesuai arahan Dansektor 4 Citarum Harum, Kolonel Inf Asep Nurdin.

“Dibutuhkan daya imajinasi yang kreatif dalam melukis Mural, sehingga tidak hanya memperindah dan mempercantik lokasi Wisata Air Sungai Cikakembang tapi akan menjadi daya tarik dan destinasi sambil tetap menjaga kebersihan Sungai Cikakembang,”pungkas Serka Kurniadi.***

Facebook Comments

Leave a Reply