Saat Warga Kerja Bakti, Satgas Sektor 4 Temukan Saluran Limbah Siluman

Bandung Side, Majalaya – Hari Minggu menjadi spesial bagi warga RW 6, Desa Sukamaju, Kecamatan Majalaya yakni dengan digelarnya kegiatan kerja bakti membersihkan gotong-gorong dari sedimentasi dan sampah, sekaligus menjadi ajang silahturahim warga antar RT, Minggu (2/2/2020).

Hal tersebut terungkap setelah Ketua RW 6, Desa Sukamaju, Henny Mulyani mengatakan bahwa belum lama dirinya dilantik menjadi Ketua RW, warga sudah memberi masukan dengan gebrakan kegiatan kerja bakti. Hal tersebut baru terlaksana setelah susunan pengurus RW 6 terbentuk, sebagai apresiasi dan semangat baru warga RW 6 yang terdiri dari 5 RT ini usai mengalami banjir hebat saat malam tahun baru 2020.

Dam saluran irigasi Desa Sukamaju yang mengaliri selokan warga RW 6, tidak luput dari pantau Satgas Sektor 4 Citarum Harum, Minggu (2/2/2020)

“Warga begitu antusias untuk dilaksanankan kerja bakti membersihkan gorong-gorong dari sedimentasi dan sampah. Berawal dari banjir yang menggenangi wilayah RW 6 lumayan hebat hingga air genangan masuk kerumah warga,”kata Henny.

Selokan sempit yang menghimpit tembok warga dan tembok salah satu pabrik besar di Desa Sukamaju menyulitkan warga da Satgas Sektor 4 saat mengangkat sedimentasi, Minggu (2/2/2020).

Wilayah RW 6, Desa Sukamaju dikelilingi oleh selokan yang berasal dari pintu DAM irigasi Desa Sukamaju, sehingga menjadi salah satu penyebab banjir yang menimbulkan genangan hampir seluruh wilayah, lanjut Henny. Kondisi selokan yang menjadi saluran vital bagi warga dalam melakukan kegiatan sehari-hari baik mandi, cuci, maupun aktivitas kakusnya (MCK) sudah mulai dangkal akibat sedimentasi dan sampah rumah tangga yang entah apa sebabnya bisa bermuara di selokan,

Satgas Sektor 4 Citarum Harum sedang memeriksa selokan yang tertutup salah satu bangunan warga, Minggu (2/2/2020).

“Kegiatan kerja bakti secara serentak ditiap wilayah RT masing-masing menggerakkan warga untuk membersihkan sampah disekitar tempat tinggalnya. Dengan menyapu dan mengumpulkan sampahnya pada karung agar tidak bercecer dijalanan,”jelas Henny.

Selokan yang sudah tertutup liar pun tidak akan luput dari Satgas Sektor 4 dan warga untuk dibersihkan, Minggu (2/2/2020).

Dalam pantauan Bandung Side, warga bergerak ditiap RT masing-masing membersihkan sampah dan mengangkat sedimentasi selokan untuk dimasukkan kedalam karung bersama Satgas Sektor 4 Citarum Harum. RW 6, Desa Sukamaju memiliki penduduk kurang lebih 600 jiwa lebih sehingga dapat dikatakan kepadatannya tiap rumah yang terdapat selokan agak menyulitkan warga dan Satgas Sektor 4 untuk mengangkat sedimentasi dikarenakan sempitnya selokan yang terhimpit antara rumah warga dan tembok pabrik yang tinggi.

Warga RT 1, RW 6 Desa Sukamaju sedang memasukkan sedimentasi selokan kedalam karung, Minggu (2/2/2020).

“Kegiatan Kerja Bakti ini akan menjadi agenda rutin RW 6, Desa Sukamaju dengan kurun waktu 2 minggu sekali dalam 1 bulan. Karena warga juga menginginkan lingkungannya bersih dari sampah dan selokannya mengalir dengan lancar agar tidak berakibat genangan air bila terjadi banjir dengan bergotong – royong,”pungkas Henny.

Limbah Domestik juga menjadi Pekerjaan Rumah besar bagi Pengurus Baru RW 6, Desa Sukamaju, Minggu (2/2/2020).

Hari sudah menjelang siang, saat warga RW 6, Desa Sukamaju membersihkan gorong-gorong selokan, tidak diduga Satgas Sektor 4 Citarum Harum menemukan saluran siluman pembuangan limbah pabrik dibawah bangunan kamar mandi warga yang menutupinya.

Warga RT 3, RW 6, Desa Sukamaju sedang membongkar bangunan yang menutupi selokan, Minggu (2/2/2020).

Tentu saja temuan Satgas Sektor 4 ini menjadi bahan masukan, karena beberapa waktu lalu saat mengambil sampel air selokan untuk uji laboratorium selalu menjumpai air selokan dalam kondisi panas mengalir ke Sungai Citarum dengan parameter COD dan PH tinggi namun belum menemukan oknum pabrik yang membuangnya.***

Facebook Comments

Leave a Reply