ASPPI DPD Jawa Barat Sinergikan Program Kerja Dengan Asosiasi Pariwisata

Bandung Side, Peta – Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) DPD Jawa Barat menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) 2019 dalam rangka menyiapkan program kerja Tahun 2020 dan meningkatkan sinergitas antar asosiasi pariwisata di Jawa Barat, Minggu (1/12/2019) di Hotel Grand Pasundan, jl. Peta Bandung.

Acara yang diikuti jajaran pengurus dan anggota ASPPI DPD Jawa Barat, serta undangan dari beberapa Asosiasi diantaranya Astindo, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), KGB, BTRC dibuka oleh Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Jawa Barat, Herman Muchtar yang dianggap sesepuhnya insan pariwisata di Jawa Barat.

Menurut Ketua ASPPI DPD Jabar, R.D. Alexandrie bahwa Rakerda ASPPI Tahun 2019 diselenggarakan untuk menyiapkan program kerja Tahun 2020 dan meningkatkan sinergitas dengan asosiasi dan organisasi pariwisata yang ada di Jawa Barat khususnya dan Indonesia hingga mancanegara, pada umumnya. Hal tersebut tidak lepas dari tujuan untuk pengembangan pariwisata, memajukan dan mengembangkan potensi pariwisata Jawa Barat.

(Ki-Ka) Ketua Pelaksana Rakerda ASPPI DPD Jabar 2019 Wawan Setiawan, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Jawa Barat Herman Muchtar dan Ketua ASPPI DPD Jabar, R.D. Alexandrie.

“Kini perkembangan dan persaingan di sektor pariwisata sangat luar biasa, karena itu ASPPI DPD Jawa Barat mengajak asosiasi dan organisasi pariwisata yang ada untuk merapatkan barisan, bergandengan tangan dan membuang perbedaan untuk membuat pariwisata di Jawa Barat dan Indonesia menjadi lebih baik,” kata Alex —sapaan akrab R.D. Alexandrie didampingi Ketua Pelaksana Rakerda ASPPI DPD Jabar 2019 Wawan Setiawan.

Alex menambahkan, dalam menghadapi persaingan pariwisata di era milenial dan digital sekarang ini, diperlukan sinergitas dan kreativitas, untuk itu Rakerda diharapkan dapat menghasilkan rancangan kerja milenial yang tangguh dan bertanggung jawab serta menyatukan pemahaman. Indonesia menjadi destinasi unggulan, dibutuhkan kreatifitas dan tindakan sinergi menciptakan hasil yang nyata dengan membangun mental yang tangguh untuk kemajuan pariwisata.

Selaras dengan yang disampaikan oleh Ketua ASPPI DPD Jawa Barat, Slaku Ketua GIPI Herman Muchtar mengatakan,”Semua organisasi pariwisata yang terbentuk harusnya berawal dari niat baik. Karena Jawa Barat mengemban tugas berat dengan slogan-slogan yang dibawa oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Jawa Barat Juara Lahir Batin, Pariwisata Menjadi Lokomotif Jawa Barat, Jawa Barat Provinsi Pariwisata adalah semangat kerja bagi insan pariwisata. Masih ada keluhan karena adanya penguasaan kegiatan pariwisata oleh pihak atau pelaku pariwisata diluar Jawa Barat, sehingga dibutuhkan duduk bersama untuk membuka wawasan tentang pariwisata dan pemahamannya kepada pemerintah dan pelaku pariwisata untuk menemukan solusi bagi kemajuan pariwisata Jawa Barat”.

Suasana Rakerda ASPPI DPD Jawa Barat, Minggu (1/12/2019).

“Seperti Mice, dalam pemahaman dan wawasan insan pariwisata memiliki potensi 7x lipat dari pada hanya leasure. Apalagi dalam Rakerda ASPPI DPD Jawa Barat akan mengemas pariwisata untuk milenial yang identik dengan kreatifitas tinggi, bergaya anak muda namun dapat dinikmati oleh semua kalangan,”terang Herman Muchtar.

“Sinergitas dibutuhkan semua komponen asosiasi untuk kemajuan pariwisata Jawa Barat, bukan hanya program pemerintah yang sukses oleh pemerintah sendiri. Maka dari itu, gali potensi kendalanya bukan hanya untuk pencitraan saja karena kemajuan pariwisata Jawa Barat untuk kita semua,”pungkas Herman Muchtar.***

Facebook Comments

Leave a Reply