Artotel Earth Wujud Kepedulian Artotel Group Pada Lingkungan

Bandung Side, Braga – Peduli Lingkungan bagi Artotel Grup sudah hadir sebagai agenda tahunan berawal dari tahun 2016 dengan nama Artotel For Hope, kini berubah nama menjadi Artotel Earth. Rangkaian kegiatan kepedulian sosial berlangsung setiap Bulan Desember dilakukan dengan cara yang berbeda-beda setiap tahunnya, diantaranya melalui kegiatan seni.

Melalui seni, Artotel Group ingin menyampaikan pesan bahwa seni dapat menjadi media komunikasi yang sangatmenarik untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap isu sosial yang diangkat saat itu. Selain itu, Artotel For Hope juga melakukan penggalangan dana dari tamu yang menginap disemua properti Artotel Group untuk disalurkan kepada organisasi sosial atau komunitas tertentu untuk meningkatkan kepedulan sosial melalui media seni.

(Ki-Ka) Anton Susanto, GM deBraga Hotel Bandung, Indarwati dari WWF-Indonesia, Juwita Public Relation deBraga Hotel Bandung saat memberi keterangan pers, Kamis (28/11/2019).

Aqil Prabowo, seniman cilik yang memiliki kebutuhan khusus telah tersentuh oleh Artotel For Hope pada Tahun 2016, selain itu menggalang dana untuk orang-orang yang memiliki gangguan kesehatan mental bahkan Artotel For Hope juga memberi kesempatan bagi orang-orang yang kurang beruntung untuk berkarya melalui pameran seni disetiap properti Artotel Group.

Artotel For Hope pada tahun 2018 melakukan kerjasama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara yakni yayasan sosial dibidang lingkungan yang memiliki fokus pada rehabilitasi hutan di Kalimantan melalui penggalangan dana dan pameran seni yang ditampilkan di Artspace semua properti.

Program kepedulian sosial menjadi program berkelanjutan terhadap lingkungan pada Tahun 2019 berganti nama menjadi Artotel Earth bekerjasama dengan Yayasan World Wide Fund Indonesia (WWF-Indonesia) sebagai mitra resmi program Signing Blue. Melalui Program Signing Blue, WWF-Indonesia mendorong pelaku industri pariwisata untuk melakukan praktik usaha yang bertanggung jawab dalam melestarikan keindahan bahari.

Pada Desember 2019, dilakukan aktifasi pertama kolaborasi Artotel Earth dengan WWF-Indonesia menjalankan program berkelanjutan terhadap lingkungan dengan mengangkat tema, Mengurangi Sampah Plastik dengan pengumpulan donasi yakni menyisihkan Rp 10.000,- dari setiap kamar yang terjual untuk disumbangkan kepada WWF-Indonesia yang akan digunakan untuk kegiatan pelestarian kehidupan maritim dan pengelolaan limbah plastik. Sebagai timbal baliknya, tamu akan diberi komik edukasi buah karya seniman Mulyakarya, Yogjakarta. Komik yang bercerita tentang Labuan Bajo sebagai tepat wisata dan tentang pelestarian alamnya.

Aktifasi kedua, berupa pameran seni yang digelar secara serempak di Artspace properti Artotel Group berupa komik, poster, lukisan dan instalasi oleh Mulyakarya yang didirikan oleh Danang Catur dan Yudha Sandy mulai 1 Desember 2019 sampai 31 Januari 2020. Sedangkan aktifasi ketiga berupa pembuatam cinderamata yang berasal dari daur ulang sampah bersama TRI Upcycle, sebuah Usaha Sosial atau Social Enterprise yang memproduksi barang bernilai ekonomi tinggi berasal dari daur ulang atau Upcycle untuk mengurangi sampah yang ada di hotel. Artotel Earth mengumpulkan linen bekas untuk dirubah menjadi merchandise khas Artotel Earth berupa tas cantik yang fungsinya untuk membawa barang belanjaan dan dapat dibeli oleh para tamu.

Anton Susanto, GM deBraga Hotel Bandung mengatakan,” Melalui Artotel Earth, kami ingin menunjukkan bahwa Artotel Group komitmen dan peduli terhadap lingkungan, karena sebagai pelaku industri pariwisata yang mengusung brand gaya hidup masa kini, peduli lingkungan merupakan gaya hidup masa kini dimana kita aktif menjaga dan melestarikan bumi ini untuk tetap hijau dengan ekosistem yang baik sehingga dapat dinikmati oleh generasi masa depan”.***

Facebook Comments

Leave a Reply