STIMLOG Gelar KKN Tematik di Sektor 7 Citarum Harum

Bandung Side, Baleedah – STIMLOG yang merupakan sekolah tinggi pertama di Indonesia yang fokus pada keilmuan bidang Logistik dan Supply Chain Management menggelar Kuliah Kerja Nyata Tematik dan Pengabdian Masyarakat di Sektor 7 Citarum Harum, diwilayah Desa Rancamanyar, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Senin (29/10/2019).

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang pertama kali digelar oleh STIMLOG merupakan kebijakan pengembangan kurikulum dengan tujuan meningkatkan Capaian Pembelajaran Lulusan sesuai dengan misi yang dimiliki STIMLOG yakni, memberikan sumbangsih nyata dalam pengembangan keilmuan logistik dan transportasi dalam sistem rantai pasok yang terintegrasi untuk kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan cara yang inovatif dan bermutu tinggi serta tanggap terhadap perubahan global dan tantangan lokal.

Ketua STIMLOG, Rachmawati Wangsaputra,Ph.D bersama Dansektor 7 Citarum Harum, Kolonel Kav. Purwadi sedang menanam pohon dalam kegiatan KKN Tematik selama 2 minggu, Senin (28/10/2019).

Seperti yang disampaikan oleh Ketua STIMLOG, Rachmawati Wangsaputra,Ph.D saat melakukan penanaman 100 pohon keras dibantaran Sungai Citarum bahwa KKN Tematik di Sektor 7 Citarum Harum sesuai dengan misi yang dibawa oleh STIMLOG serta memberikan sumbangsih nyata pada Program Citarum Harum.

“KKN Tematik di Sektor 7 memberi pembelajaran penting bagi mahasiswa dan berharap mahasiswa STIMLOG dapat memberikan peran nyata terkait dengan permasalahan yang ada di masyarakat dan dapat menyelesaikannya,”jelas Rachmawati.

Ketua STIMLOG, Rachmawati Wangsaputra,Ph.D memberikan tanam pohon keras secara simbolis kepada Dansektor 7 Citarum Harum, Kolonel Kav. Purwadi saat menggelar KKN Tematik dengan menanam 100 pohon keras, Senin (28/10/2019).

Untuk menghadapi berbagai masalah di lapangan, lanjut Rachmawati, para mahasiswa dibekali sikap, pengetahuan, skill, dan kemampuan. Sikap dan karakter ini sangat penting untuk pembelajaran guna melihat langsung kondisi di lapangan. Sehingga mereka timbul rasa berpartisipasi menyelesaikan masalah di masyarakat.

“Jadi mahasiswa itu tak hanya membaca buku saja. Tetapi mereka bisa berpartisipasi langsung ke lapangan. Itu sangat penting. Semoga saja anak-anak kami dapat tumbuh dengan disiplin ilmu yang dimiliki dan lulusannya memiliki karakter peduli lingkungan serta memberi kontribusi nyata untuk masyarakat,” pungkas Rachmawati.

Mahasiswa KKN Tematik STIMLOG, sedang melakukan penanaman pohon di bantaran Sungai Citarum, Desa Rancamanyar, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Senin (28/10/2019).

Dilokasi yang sama, Komandan Sektor 7, kolonel Kav. Purwadi mengatakan,” Sektor 7 terbuka untuk kegiatan akademisi dalam hal mensukseskan Program Citarum Harum, seperti saat ini STIMLOG melakukan KKN Tematik yang salah satu kegiatannya adalah menanam 100 pohon keras di Bantaran Sungai Citarum, tepatnya di Desa Rancamanyar”.

“Satgas Sektor 7 Citarum Harum telah menanam pohon keras di bantaran Sungai Citarum sejumlah 7.900 pohon. Sebelumnya, bantaran Sungai Citarum itu digunakan bangunan liar, tumpukan sampah dan saat ini menjadi lahan kosong, usai dibersihkan Satgas Sektor 4 sehingga dilaksanakan penanaman pohon. Selain itu, untuk merubah maindset masyarakat bahwa bantaran menjadi kotor karena sampah dan bangunan liar dirubah menjadi jalur hijau, taman dan ruang publik,”kata Kolonel Purwadi kepada Bandung Side.

Mahasiswa KKN Tematik STIMLOG sejumlah 35 orang sedang melakukan penanaman pohon keras di bantaran Sungai Citarum, Senin (28/10/2019).

“Dengan menanam pohon, banyak sekali manfaatnya. satu pohon akan memberikan oksigen yang dibutuhkan untuk 2 orang. Desa Rancamanyar memiliki jumlah penduduk yang cukup padat, sehingga dengan menanam pohon selain bermanfaat sebagai pemasok oksigen, juga sebagai pemasok oksigen,”ungkap Kolonel Purwadi

Mahasiswa STIMLOG yang sedang melakukan KKN Tematik, tambah Kolonel Purwadi, dapat belajar banyak tentang lingkungan dengan cara menanam pohon. Hendaknya bila usai melakukan KKN, mahasiswa dapat menjadi corong ke kampus dan masyarakat agar sadar terhadap lingkungan yang sehat, bersih dan mengembalikan Sungai Citarum pada kondisi ekologi yang seimbang.

Mahasiswa KKN Tematik STIMLOG foto bersama dengan Dansektor 7 Citarum Harum, Kolonel Kav. Purwadi usai menanam 100 pohon di bantaran Sungai Citarum, Desa Rancamanyar, Baleendah, Kabupaten bandung, Senin (28/10/2019)

“Kalau bukan kita siapa lagi ? Kalau tidak sekarang, kapan lagi ? Dalam rangka penataan lingkungan ekologi Sungai Citarum yang lebih baik,”pungkas Kolonel Purwadi.

Pada kesempatan yang sama, mahasiswa KKN Tematik STIMLOG memberikan edukasi e-commers di Kantor Desa Rancamanyar kepada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) serta memberikan santunan sembako kepada warga Desa Rancamanyar.***

Facebook Comments

Leave a Reply