Satgas Sektor 4 Citarum Harum Giat Tanam Pohon Keras Peringati HUT TNI ke-74

Bandung Side, Majalaya – Satgas Sektor 4 Citarum Harum gelar giat aksi tanam 1.000 pohon keras di DAS Citarum dalam rangka memperingati HUT TNI ke-74 serentak di 11 Desa, Kecamatan Majalaya, Sabtu (5/10/2019).

Tepat Tanggal 5 Oktober merupakan peringatan Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang setiap tahunnya selalu diperingati oleh seluruh Rakyat Indonesia, tidak terkecuali oleh TNI yang terpanggil dalam mensukseskan Program Citarum Harum yakni pada Satuan Tugas (Satgas) Sektor 4 Citarum Harum yang memiliki wilayah operasi di Kecamatan Majalaya melaksanakan penanaman pohon keras di DAS Citarum dan di anak-anak sungainya.

Dansektor 4 Citarum harum, Kolonel Inf Kustomo Tiyoso sedang memimpin Giat Tanam Pohon Keras dalam rangka memperingati HUT TNI ke 74, Sabtu (5/10/2019).

Secara simbolis, tepat pukul 10.00 WIB, Komandan Sektor (Dansektor) 4, Kolonel Inf. Kustomo Tiyoso bersama dengan siswa SMKN 1 Majalaya, warga RW 14 dan anggota Satgas Sektor 4 wilayah Desa Padamulya menanam pohon keras diantaranya tanaman jenis buah-buahan seperti alpukat, peta’, akasia afrika, pohon salam di sepanjang aliran sungai Ciwalengke, Kampung Pasir Kukun, RT 03/RW 14, Desa Padamulya. “Hari ini secara simbolis Satgas Sektor 4 menanam pohon keras di Desa Padamulya sebanyak 100 pohon, namun secara serentak tanaman pohon keras ini juga ditanam di 11 Desa di Kecamatan Majalaya dengan total 1.000 pohon,”kata Dansektor 4 Kolonel Kustomo.

Dansektor 4 Citarum Harum, Kolonel Inf. Kustomo Tiyoso bersama siswa SMKN 1 Majalaya dan masyarakat Kampung Pasir Kukun, Desa Padamulya menanam pohon di DAS Citarum, Sabtu (5/10/2019).

“Giat tanam pohon keras dalam peringatan HUT TNI ke-74 ini juga merupakan program startegis Satgas Sektor 4 dalam agenda Penghijauan di DAS Citarum dan anak sungainya dengan target tanam sebanyak 3.280 pohon secara bertahap,”jelas Kolonel Kustomo. Dikarenakan masih musim kemarau, lanjut Kolonel Kustomo, target tanam 1.000 pohon ini tentunya harus dengan ekstra kerja keras dalam memeliharanya, yakni dengan cara menyiram setiap hari dengan harapan tanaman bisa tumbuh dan keberadaannya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat selain dapat mencegah longsor dan akarnya dapat menyimpan air.

Tanam Pohon Keras dalam rangka peringatan HUT TNI Ke 74 oleh Satgas Sektor 4 Citarum Harum disepanjang DAS Citarum dipimpin oleh Dansekto 4, Kolonel Inf. Kustomo Tiyoso, sabtu 5/10/2019).

Masih menurut Kolonel Kustomo, untuk dapat memberi kelangsungan hidup tanaman maka strateginya pohon keras ditanam disekitar DAS Citarum dan anak sungai sebagai sumber air seperti sekarang ini ditanam di bantaran Sungai Ciwalengke untuk memudahkan merawat dan memberi air setiap hari nya. “Penanaman bertahap pada musim hujan nanti sudah kami simpan dimasing-masing Pos Sektor berkat kerja sama dengan pihak Pindad yang telah menyumbangkan bibit pohon keras sebanyak 1.280 pohon dan dari Arta Graha Peduli (AGP) sebanyak 1.000 pohon. Satgas Sektor 4 sebelumnya juga sudah menyiapkan lobang biopori pada lokasi-lokasi penanaman sejumlah 3.000 lobang yang fungsinya sebagai tempat menyimpan air sebelum ditanami,”papar Kolonel Kustomo ke Bandung Side.

Siswa SMKN 1 Majalaya begitu antusias tabam pohon dalam rangka peringati HUT TNI Ke-74, Sabtu (5/10/2019).

“Semoga apa yang kita lakukan sekarang ini, dengan menanam pohon keras bersama masyarakat dan siswa sekolah dapat saling bahu-membahu merawat dan melanjutkan program penghijauan dilingkungannya masing-masing. Selain mencegah erosi bantaran ke sungai, menanam dan memelihara pohon banyak sekali manfaatnya, apalagi saat musim kemarau bila ada pohon maka sumber-sumber air masih bisa dipertahankan air-nya dari kekeringan,”pungkas Kolonel kustomo.

Foto Bersama usai Tanam Pohon, Sabtu (5/10/2019).

Tampak mantan Kepala Desa Padamulya Hj. Imas Rostini, beserta ibu-ibu PKK Desa Padamulya turut menanam pohon keras disepanjang aliran Sungai Ciwalenke.***

Facebook Comments

Leave a Reply