Kemeriahan Gerak Jalan Santai Sambil Pungut Sampah Bernuansa Citarum Harum

Bandung Side, Dayeuhkolot – Gerak Jalan Sehat sambil pungut sampah dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke 74 di Kelurahan Pasawahan, Kecamatan Dayeuhkolot berlangsung meriah dan bernuasa Citarum Harum, Minggu (1/9/2019).

Lepas Balon sebagai tanda dimulainya Gerak Jalan Sehat dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke 74 di Kelurahan Pasawahan, Kecamatan Dayeuhkolot, Minggu (1/9/2019).

Sekitar 2.000 peserta gerak jalan santai sudah mulai menyemut usai dilepaskan balon oleh Komandan Sektor (Dansektor) 7, Kolonel Inf. Purwadi; Lurah Pasawahan, Mamet Slamet,SiP.,MSi.; Danramil Dayeuhkolot, Kapten Inf. Yovi Yuhana dan Kapolsek Dayeuhkolot, Kompol Sudrajat sebagai tanda dimulainya kegiatan olah raga pagi di Hari Minggu. Menempuh jarak kurang lebih 6 km mengarah kewilayah Kelurahan Pasawahan yang terdiri dari 15 RW dan 50 RT peserta bak pasukan sapu bersih sambil memungut sampah disepanjang jalan.

Peserta Gerak Jalan Sehat dalam memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke 74 di Kelurahan Pasawahan sedang memungut sampah dijalan sebagai sarana edukasi untuk menjaga lingkungan yang bersih, Minggu (1/9/2019).

Lurah Pasawahan, Mamet Slamet, SiP.,MSi. mengatakan,”Semarak memperingati Hari kemerdekaan RI Ke-74 dengan melakukan kegiatan gerak jalan sehat yang diikuti oleh warga Kelurahan Pasawahan kurang lebih 2.000 peserta dari 15 RW ini baru pertama kali dimeriahkan dengan doorprice utama berupa sepeda motor dan 400 lebih doorprice hiburan lainnya”.

Lurah Pasawahan, Mamet Slamet, SiP., MSi. bersama Komandan Sektor 7 Citarum Harum, Kolonel Inf. Purwadi saat melayani wawancara awak media, Minggu (1/9/2019)

“Selain itu baru pertama kali juga kegiatan gerak jalan sehat sambil memungut sampah sepanjang perjalanan dari star hingga finish. Gerakan pungut sampah dijalan itu atas sumbang saran dari Dansektor 7 Kolonel Purwadi, sehingga menjadi momen sosialisasi tentang hidup sehat dengan menjaga kebersihan serta merupakan bentuk dukungan masyarakat Kelurahan Pasawahan akan Program Citarum Harum,”jelas Mamet Slamet.

“Bukan hanya sekedar saran dari Dansektor 7 Kolonel Purwadi, tapi dengan memungut sampah dijalan yang terbanyak akan mendapatkan hadiah khusus dari Satgas Sektor 7 Citarum Harum, sedang peserta yang membawa botol bekas air kemasan dapat ditukar dengan coklat saat melintasi pos jaga di TPS3R Kampung Citepus,”kata Mamet.

Peserta Gerak Jalan Sehat sedang menukar botol plasti bekas air minum kemasan kepada mahasiswa KKN UNIBBA dilokasi TPS3R Citepus, Minggu (1/9/2019).

Sementara itu, Dansektor 7 Citarum Harum, Kolonel Inf. Purwadi ditempat yang sama mengatakan,”Kegiatan Semarak memperingati Hari Kemerdekaan RI Ke 74 di Kelurahan Pasawahan dengan menggelar gerak jalan sehat juga tidak terlepas dari upaya Satgas Sektor 7 Citarum Harum untuk melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat yakni dengan memungut sampah dijalan saat menempuh jalur kurang lebih 6km “.

Dansektor 7 Citarum Harum, Kolonel Inf. Purwadi menyempatkan diri menghibur peserta Gerak Jalan Sehat dengan menyumbangkan suara emas-nya diikuti joget komando anggota Satgas Sektor 7 dan masyarakat Kelurahan Pasawahan, Minggu (1/9/2019).

“Edukasi yang diberikan kepada masyarakat dari Satgas Sektor 7 Citarum Harum bahwa menjaga kebersihan adalah tanggung jawab kita bersama yang dimulai dari diri sendiri. Maka dari itu dengan memungut sampah yang berada di lingkungan sekitar kita berarti sudah dapat mengatasi sampah lingkungan dan secara otomatis kebersihan lingkungan tetap terjaga,”papar Kolonel Purwadi.

Komitmen dan partisipasi komponen masyarakat untuk sukseskan Program Citarum Harum, Minggu (1/9/2019)

“Bagi peserta gerak jalan sehat yang berhasil memungut sampah terbanyak akan mendapatkan hadiah voucher belanja senilai Rp 200.000,- dan bagi peserta yang menukar botol plastik bekas minuman kemasan dapat ditukar dengan coklat yang dilayani oleh mahasiswa KKN Universitas Bale Bandung atau UNIBBA dilokasi TPS3R Citepus,”pungkas Kolonel Purwadi.***

Facebook Comments

Leave a Reply