Dalam Satu Hari, Sektor 8 Citarum Harum Laksanakan Pengecoran Besar-Besaran

Bandung Side, Cilampeni, Kabupaten Bandung – Komandan Sektor (Dansektor) 8 Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum, Kolonel Czi Aby Ismawan, bersama anggotanya, serta dibantu para Relawan, mahasiswa dan warga sekitar, adakan kegiatan pengecoran secara besar-besaran dilokasi bantaran sungai Citarum, diwilayah Cilampeni, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung, Senin (23/07/2018)

Dalam kegiatan ini, selain melaksanakan pengecoran secara besar-besaran menjadi perhatian khusus mahasiswa yang sedang melaksanakan kegiatan KKN Tematik UPI diwilayah sektor 8 yang sebelumnya telah melakukan kegiatan rutin melaksanakan karya bakti membersihkan bantaran Sungai Citarum dari sampah, perawatan pohon keras yang sudah berjajar rapi disepanjang bantaran Sungai Citarum.

Pada kesempatan diantara kegiatan pengecoran, Kolonel Aby Ismawan saat ditemui Bandung Side mengatakan,”Hari ini salah satu kegiatan Sektor 8 laksanakan pengecoran dalam satu hari secara besar-besaran yakni berupa prasarana olah raga di Desa Cilampeni, yang mana merupakan program sektor 8 sejak awal, yaitu untuk merubah bantaran sungai Citarum Sebagai Serambi Depan Rumah kita, diantaranya membuat prasarana olah raga sebagai ruang publik”.

Prasarana ini dikerjakan guna memberikan fungsi yang positif untuk masyarakat sekitar, tentunya untuk olah raga bersama, seperti senam, voli, bulu tangkis dan kegiatan lainya, serta dapat digunakan juga untuk acara-acara lainnya yang memerlukan ruang publik lebih luas, seperti memeriahkan peringatan Hari Kemerdekaan, 17 Agustus sebentar lagi, lanjut Kolonel Aby.

“Kegiatan pengecoran satu hari dengan ukuran kurang lebih 780 m2 dengan ketebalan 10 Cm, memerlukan bahan readymix dalam jumlah besar, kurang lebih 70 kubik. Sehingga dibutuhkan dukungan dana yang tidak sedikit, beruntung sekali warga dan pengusaha di Desa Cilampeni dapat berpartisipasi, diantaranya ada support dari pengusaha pabrik kimia, pabrik parasut, CV Prima Panggung Nusantara (PBN) dan Waitex, mereka masing masing menyumbang material untuk pengecoran.

“Namun demikian, dari hitungan yang secara kasar diperkirakan ternyata dilapangan masih kekurangan bahan, harapan kami secaraa bersama parsisipasi dari masyarakat, ataupun warga yang lainya juga dapat menutupi biayanya,”ujar Kolonel Aby.

“Selain itu, kegiatan pengecoran prasarana olah raga ini dapat juga difungsikan dalam waktu dekat menyambut pelaksanaan kegiatan gebyar pelepasan mahasiswa KKN Tematik di Kabupaten Bandung. Rencananya akan dihadiri Menristekdikti selain itu juga akan dihadiri Menkomaritim juga akan hadir bila tidak ada aral,”paparnya kembali.

Perwakilan dari perusahaan Ferry Sobari selaku HRD PT Waitex pada saat hadir meninjau pelaksanaan pengecoran di area bantaran Sungai Citarum mengatakan,”Pada prinsipnya, PT Waitex secara menyeluruh mendukung program pemerintah tentang pemulihan ekosistem Sungai Citarum, kami juga sudah berkomitmen dan memberikan suport serta mengapreisasi terhadap langkah-langkah yang dilakukan terhadap Program Citarum Harum, dan kami sangat mendukung program ini, diharapkan bantuan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran Sungai Citarum khususnya Desa Cilampeni ini,” jelas Ferry.*

loading...
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan