ALKISAH – Hidupkan Kembali Cerita Rakyat Indonesia

Trans Studio Mall Bandung dan BaktiBudaya Djarum Foundation bekerjasama dengan Rio Wibowo, seorang fotografer yang dikenal dengan Rio Motret berkolaborasi membuat sebuah pameran foto “Alkisah”, yang mengangkat 17 cerita rakyat Indonesia melalui seni fotografi. Pameran foto yang melibatkan seratus pekerja seni mulai dari kalangan selebritis, desainer, dan stylist ini, dapat disaksikan di Atrium Utama Trans Studio Mall mulai dari tanggal 22 Februari hingga 28 Februari 2016.

Ide Alkisah sendiri muncul ketika Rio sadar bahwa kecenderungan anak muda sekarang sudah kehilangan minat terhadap cerita rakyat Indonesia. Sementara, di luar negeri banyak dongeng-dongeng yang justru lebih akrab dibenak kita. Padahal, di Indonesia lahir berbagai cerita rakyat dari berbagai daerah-daerah yang ada. Oleh karena itu, Rio bertekad untuk membuat sebuah pameran foto Alkisah demi menyadarkan masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal kebudayaan kita sendiri.

Print

Ini merupakan kota ke-tiga terselenggaranya pameran foto Alkisah yang dimulai dari kota Jakarta, Surabaya dan sekarang di Bandung.

“Suatu kebanggan untuk kami bisa bekerjasama dengan Bakti Budaya Djarum Foundation dan Rio Motret dengan menghadirkan pameran foto-foto Alkisah, menjadikan sebuah media untuk memperkenalkan cerita rakyat Indonesia melalui seni fotografi khususnya terhadap generasi muda. Kami berharap kesuksesan pameran foto alkisah di Trans Studio Mall ini dapat menginspirasi masyarakat khusus-nya Kota Bandung untuk lebih mengenal cerita rakyat Indonesia yang beranekaragam.” pungkas Bagus Prastowo, GM Marketing Communication KawasanTerpadu Trans Studio Bandung.

Bekal pertemanan yang kuat dengan para selebritis, membuat pameran foto ini diramaikan lebih dari 60 selebritis ternama yang berpartisipasi sebagai model dari 17 cerita rakyat yang disajikan Rio. Tidak hanya selebritis, Rio pun menggandeng desainer yang memiliki nama besar di Indonesia, dilengkapi dengan puluhan penata busana dan juga penata rias.

“Pameran foto ini merupakan salah satu pencapaian karier saya sebagai fotografer. Merupakan kebanggan bagi saya dapat mengajak teman-teman selebritis, stylist, desainer, dan juga kontributor lainnya dalam rangka mengenalkan cerita-cerita rakyat yang ada di Indonesia dengan media foto yang dipadukan dengan elemen adibusana yang kuat.

Pameran Alkisah ini saya hadirkan dengan harapan masyarakat dapat terpicu untuk mengenal budaya Indonesia dan melestarikannya. Meskipun di era sekarang sudah penuh dengan modernisasi dan hal-hal kekinian, bukan berarti warisan bangsa kita jadi terlupakan,” ujar Rio Motret, konseptor pameran foto Alkisah.

Serangkaian acara menarik telah dipersiapkan untuk meriahkan Alkisah di Kota Bandung, seperti Peragaan Busana dengan menghadirkan koleksi dari fashion designer kenamaan Indonesia: Deden SIswanto, Ferry Sunarto, Ivan Gunawan dan Rinaldi A. Yunardi. Tidak hanya itu saja, para tamu dan undangan juga akan dihibur dengan penampilan dari Syahrini dan Ruth Sahanaya yang pastinya akan menjadi sorotan di panggung acara ini.

Pameran foto Alkisah ini berisikan cerita-cerita rakyat dari berbagai daerah seperti, Sabai Nan Aluih dari Sumatera Barat, Si Pitungdari Jakarta, Lutung Kasarung dari Jawa Barat, Sangkuriang dari Jawa Barat, Jawa Tarub & 7 Bidadari dari Jawa Tengah, Roro Jonggrang dari Yogyakarta, Bawang Merah Bawang Puith dari Yogyakarta, Keong Mas dari Jawa Timur, Ande Ande Lumut dari JawaTimur, Calon Arang dari Jawa Timur, Malin Kundang dari Sumatera Barat, Timun Mas dari Jawa Tengah, Nyi Roro Kidul dari Yogyakarta, Danau Toba dari Sumatera Utara, Asal Mula Banyuwangi dari Jawa Timur, Drupadi dari Legenda Mahabharata, dan juga Roro Mendut dari Jawa Timur.***

loading...
Facebook Comments

One thought on “ALKISAH – Hidupkan Kembali Cerita Rakyat Indonesia

Tinggalkan Balasan