Rafting Pangalengan Agar Menyenangkan Dengan 8 Tips Aman

Rafting Pangalengan

Bandung Side, PangalenganRafting Pangalengan bisa menjadi opsi terbaik bagi Anda yang ingin merasakan liburan ekstrem di Jawa Barat agar menyenangkan.

Namun sebelum itu, simak dulu 8 tips aman berikut ini agar liburan jadi aman dan makin menyenangkan.

1. Pastikan Tubuh Bugar
Tips pertama untuk liburan aman saat berkegiatan rafting atau arung jeram di Pangalengan adalah memastikan tubuh bugar.

Seperti diketahui, jenis liburan yang ini termasuk ekstrem dan cenderung bahaya jika dilakukan oleh orang dengan tubuh kurang fit.

Mengarungi sungai yang deras dalam waktu cukup lama memang tampak tidak akan berpengaruh pada tubuh. Namun, suhu yang dingin di area sungai berkemungkinan memengaruhi imunitas tubuh sehingga Anda akan jatuh sakit setelahnya.

2. Ajak Saudara atau Teman-Teman
Tips kedua ketika ingin berlibur ke Pangalengan adalah ajak seseorang atau bahkan rombongan keluarga/teman, intinya jangan sendirian.

Bukan karena Pangalengan horor, melainkan agar aktivitas saat berlibur makin terasa seru dan menyenangkan.

Selain itu, mengajak saudara atau teman juga penting untuk mengantisipasi jika terjadi hal yang tidak menyenangkan. Misalnya itu terjadi, setidaknya ada seseorang yang bakal membantu saat itu juga atau meminta bantuan orang lain dengan segera.

3. Bawa KTP atau Tanda Pengenal
Tips ketiga, pastikan untuk membawa kartu identitas, baik itu Kartu Tanda Penduduk (KTP), kartu pelajar, atau lain sebagainya. Kenapa ini penting?

Sebab pihak rafting Pangalengan tidak akan mengizinkan pengunjung tanpa identitas masuk ke tempat liburan. Sekalipun Anda merupakan orang di daerah Pangalengan, identitas tetap wajib dibawa.

4. Selalu Bawa Air Putih
Tips selanjutnya adalah membawa air putih ke mana pun, termasuk saat akan mengarungi sungai dengan olahraga arung jeram.

Meski tampak tidak terlalu penting, air bisa jadi hal pertama yang diperlukan saat perahu karet akan menyusuri sungai, selain itu Anda juga bakal perlu air minum setelah arung jeram berhenti di tepian sungai.

5. Lebih Baik Pakai Kaos
Dibandingkan menggunakan baju berat, seperti jeans atau bahkan sweater, kaos lebih baik dipilih. Selain ringan, kaos juga tidak akan membuat Anda merasa ribet saat memakai karet pelampung di badan.

6. Bawa Baju Renang
Jika diperlukan, membawa baju renang juga disarankan. Penggunaan baju renang bisa dikatakan jauh lebih baik dipakai saat rafting Pangalengan dimulai.

Selain memberikan keamanan saat arung jeram dilakukan, penggunaan baju renang juga bakal memberikan kenyamanan. Sebab, cipratan air sungai tidak akan terlalu dirasakan tubuh.

7. Gunakan Sandal Gunung
Daripada memakai sandal jepit yang berisiko jatuh, sandal gunung bertali lebih disarankan.

Sebab, itu tidak akan mudah lepas dan tentunya nyaman dibawa berolahraga di tengah sungai yang mengalir deras.

8. Jangan Bawa Barang Berharga
Tips selanjutnya ketika berlibur ke Pangalengan adalah jangan membawa barang berharga. Anda tidak akan tahu risiko apa saja yang berkemungkinan menimpa saat berlibur di tempat ramai.

Di sisi lain, kehilangan barang tidak menjadi tanggung jawab pihak tempat liburan Pangalengan sehingga membawa barang berharga sebaiknya dihindari.

9. Bawa Gadget dan Kamera
Selain refreshing, liburan kerap dijadikan sebagai ajang agar Anda kaya akan pengalaman. Untuk itu pastikan untuk mendokumentasikan tiap-tiap kegiatan berlibur di Pangalengan dengan memotret menggunakan kamera terbaik Anda.

Supaya aman, pastikan kamera ataupun gadget menggunakan cover/casing waterproof agar alat pemotret Anda tidak rusak dibawa mengarungi sungai.

Nah, dengan menerapkan tips rafting Pangalengan di atas, liburan di Jawa Barat bisa makin terasa menyenangkan dan tetap aman.

Sekarang, ayo bersiap liburan ke Pangalengan, tiket berliburnya bisa didapatkan dengan harga Rp 300 ribuan, loh!***

loading...
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan