Manfaat Mengakses Internet Mempermudah Aktifitas

manfaat mengakses internet

Bandung Side, Kabupaten Subang – Manfaat mengakses internet, kita membutuhkan dua komponen, yaitu perangkat dan koneksi internet, banyak manfaat yang bisa kita rasakan, seperti mempermudah aktivitas, mencari hiburan, mendapatkan update informasi bermanfaat, dan mengikuti webinar secara gratis.

“Jangan lupa memanfaatkan mesin pencarian atau search engine. Penyedianya banyak sekali seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya. Mesin pencarian ini tujuannya untuk memberikan informasi berdasarkan kata kunci yang kita input,” ujar Rizky Aliyys Julianda, Instruktur Edukasi4ID dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (23/11/2021).

Lanjutnya manfaat mengakses internet, ketika ingin mendapatkan informasi yang detail, kata kuncinya pun harus detail. Di samping itu, kita bisa memanfaatkan akses internet untuk menggunakan media sosial dan aplikasi percakapan. Dengan platform media sosial dan aplikasi percakapan, kita bisa berkomunikasi dengan orang lain tanpa memikirkan jarak. Komunikasi dengan medsos dan aplikasi percakapan pun lebih efisien. Pasalnya, penyebaran informasinya sangat cepat, ketika ada informasi baru kita hanya mengirimkan ke beberapa grup.

“Media sosial dan aplikasi percakapan bisa dimanfaatkan untuk mengunggah aktivitas, tempat penyimpanan portofolio, media untuk menjalin relasi hingga media promosi bisnis,” paparnya.

Ketika kita memanfaatkan fasilitas internet, perlu skills tertentu agar tidak berdampak negatif. Pertama, kita harus bisa mengakses internet sebagai skills dasar penggunaan fasilitas internet. Kedua, menyeleksi, memahami, dan menganalisis sebuah informasi jadi bisa mengetahui hal positif dan negatif dari sebuah informasi.

Ketiga, memverifikasi dan mengevaluasi sebelum mengirimkan atau membagikan informasi. Keempat, mendistribusikan dan memproduksi informasi baru yang akurat dan bermanfaat, bukan membagikan informasi hoaks. Kelima, berpartisipasi dan berkolaborasi untuk mendistribusikan informasi yang jujur, akurat dan etis dengna bekerjasama bersama orang lain.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Subang, Jawa Barat, Selasa (23/11/2021) juga menghadirkan pembicara, Elis Krisnawati (Wakasek Humas SMPN 3 Kota Bogor), Ridho Wibowo (Instruktur Virtual Coordinator Training Jawa Barat), Kodar Udoyono (Dosen Fakultas Teknik Universitas Mandiri), dan Maichel Kainama sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.***

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan