Memulai Membangun Bisnis Online, Ini Kiatnya

memulai membangun

Bandung Side, Kabupaten Garut – Memulai membangun bisnis online menjadi keputusan yang tepat saat ini di era digital yang mendorong pelaku usaha bertransformasi.

Tidak ada yang salah dengan memulai membangun saat ini, yang pertama harus dipikirkan saat memulai bisnis online adalah produk yang kita jual atau jasa.

Apakah sesuai dengan yang ditawarkan itu market oriented jadi melihat apa yang pasar sukai yang dibutuhkan masyarakat saat ini.

Muhammad Rikza Nashrulloh, dosen Institut Teknologi Garut menambahkan, pilih bisnis barang atau jasa yang memang menguntungkan.

Jangan lupa untuk selalu mengecek berapa modal yang kita keluarkan dan biaya-biaya lain saat memulai membangun bisnis.

Sehingga nanti ketika kita jual itu apakah mendapatkan keuntungan. Memang tidak harus besar tapi paling tidak ada hasil yang sesuai untuk apa yang kita lakukan.

Selanjutnya, bisnis yang sustainable atau berkelanjutan setelah usahanya terbentuk.

Pastikan pasarnya akan selalu ada kalau bisa tidak musiman sehingga dapat terus dikembangkan hingga bisnis kita bisa berdiri sendiri.

“Karena ini bisnis online yang bisa luas cakupannya. Jadi kita juga bisa memiliki pikiran untuk membuat bisnis yang bisa mengglobal,” ujar Muhammad.

Pilih bisnis yang dapat dikirim ke tempat yang jauh.

“Misalnya makanan pun dapat dipilih yang tahan awet beberapa hari dalam pengiriman,” ungkap Muhammad Rikza Nashrulloh saat menjadi pembicara dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (24/9/2021).

Bisnis tidak lepas dari bagaimana cara menjual dan berpromosi. Ada marketing dan sales, kedua ini seolah-olah sama mempunyai dengan tujuan yang sama. Tetapi sebenarnya dalam prosesnya memiliki perbedaan.

Pebisnis juga harus tahu, bagaimana perjalanan pembeli atau buyer journey. Mulai dari kesadaran, pertimbangan dan memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan layanan jasa yang ada.

“Dari perjalanan pembeli tersebut marketing itu berada dalam setiap tahap sedangkan sales hanya pada tahap terakhir saat konsumen memutuskan membeli atau menggunakan layanan,” ujar Muhammad Rikza Nashrulloh.

Dalam bisnis online bagaimana seorang marketer dapat berusaha untuk berpromosi dengan baik, membuat konten promosi di media sosial.

Jadi untuk teknik marketing ada yang disebut dengan marketing mix ada empat hal yang harus diperhatikan yakni 4P product, price, place dan promotion.

Mengetahui semua tentang produk, varian produk, fitur produk. Lalu harganya bagaimana penentuan harga, tahu bagaimana memberikan diskonnya.

Kemudian saluran distribusinya, transportasi dan promosi. Untuk promosi, paham bagaiamana iklannya, digital marketing dan penjualan.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Siberkreasi.

Webinar wilayah Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (24/9/2021) juga menghadirkan pembicara Andro Hartanto (co-founder IOJIN), Eko Prasetyo (founder Lenere Business Suite), Bowo Suhardjo (Komite Audit IndoSterling Aset Manajemen), dan Tresna Wulandari sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital.

Kegiatan literasi digital ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.***

loading...
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan