Cara Tetap Nyaman Berbelanja Online Gunakan e-commerce

cara tetap nyaman

Bandung Side, Kabupaten Indramayu – Cara tetap nyaman belanja online kini sudah menjadi kebutuhan dari masyarakat, alasan masyarakat menyukai layanan e-commerce karena mudah dan terjangkau.

Memang lebih murah dibanding membeli offline karena kemungkinan mereka tidak mengeluarkan biaya-biaya tempat dan sebagainya sehingga bisa lebih murah.

Promo diskon yang menarik itu berasal dari marketplace itu sendiri yang ingin menarik pelanggan setia sehingga dia betah Belanja di market place tersebut.

Biasanya diskon atau pun promo ini pun memiliki syarat-syarat tertentu seperti ada minimal pembelian atau sesuai dengan ekspedisi yang mereka tentukan atau ekspedisi mereka sendiri.

Pebisnis online Katherine Jioe, pemilik Organicrush Newella and Lopeu Indonesia mengatakan, alasan lain karena online banyak sekali jenisnya. Mereka tidak perlu menggunakan toko secara offline agar tetap nyaman.

“Bagi penjual atau supplier yang ingin menyetok barang pun menjadi lebih mudah sehingga mereka dapat memiliki stok bervariasi,” kata Katherine Jioe.

“Gratis pengiriman juga menjadi promosi dari marketplace pengiriman yang cepat tergantung pada ekspedisi, tapi memang biasanya cepat khususnya untuk pengiriman sameday,” ujar Katherine Jioe saat menjadi pembicara dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu (1/9/2021) pagi.

Katherine Jioe juga membagikan tips dalam berbelanja online yang aman. Pastikan tidak memberikan informasi personal kepada orang yang kita tidak ketahui, sekalipun dari pihak marketplace sendiri yang meminta dikirimkan password dan ID.

Kemungkinan itu penipuan, ada etik tidak boleh meminta password atau pin seseorang.

“Buat password yang kompleks jangan sampai mudah ditebak orang seperti tanggal lahir atau nama anak atau nama suami,” ucap Katherine Jioe.

Pilih commerce terpercaya sudah banyak e-commerce platform marketplace yang kini terpercaya lokal maupun global.

Periksa rating dan review penjual sebelum kita menentukan karena banyak banget barang yang dan sangat kompetitif sehingga mudahnya kita bisa lihat rating dan penilaian penjual.

Bagaimana kemasannya, produknya ada yang bermasalah atau tidak. Pilih pembayaran yang aman dengan jaringan koneksi dan terakhir rahasiakan kode OTP, jangan pernah memberikan kode yang datang melalui SMS atau dari WhatsApp kita itu merupakan aktivasi untuk masuk ke akun kita.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Siberkreasi.

Webinar wilayah Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu (1/9/2021) pagi juga menghadirkan pembicara lain Billy Kwanda (digital marketing specialist), Ahmad Rofahan (Ketua RTIK Kabupaten Cirebon), Al Akbar Rahmadillah (Founder Sobat Cyber Indonesia) dan Ibrahim Hanif sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital.

Kegiatan literasi digital ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024.

Berlandaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.***

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan