Le Minerale Salurkan Bantuan Pada Pejuang Keluarga

Le Minerale Salurkan Bantuan

Bandung Side, Subang – Le Minerale salurkan bantuan pada seorang pejuang keluarga yang menekuni pekerjaannya sebagai pemulung mengumpulkan sampah plastik.

Kisah Abah Sarwan, seorang kakek berusia 75 tahun yang bekerja sebagai pemulung, seperti yang dilansir dari akun Instagram @partners_in_goodness menarik perhatian banyak orang karena melihat kegigihannya.

Selama memulung menggunakan sepeda tuanya, Abah Sarwan hanya berbekal minum air keran menemani perjalanan setiap harinya.

Meskipun hidup pas-pasan, tetapi Abah Sarwan tidak pernah mengeluh dan tetap semangat bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Abah Sarwan sudah 30 tahun tinggal di Kampung Krajan III, Desa Kediri, Kecamatan Binong, Kabupaten Subang, mempunyai anak 1 dari istri pertamanya yang sudah meninggal.

Anak Abah Sarwan sudah berkeluarga sehingga tidak lagi tinggal bersamanya dalam satu atap, karena mengikuti istrinya di desa tetangga.

Dari perkawinan kedua Abah Sarwan dengan Darsina yang sudah memiliki 2 anak sebelumnya, saat ini tinggal berdua saja dirumah yang cukup sederhana berukuran 40 bata menjalani kehidupan.

le minerale salurkan bantuan
Sarwan sedang memilah dan memilih botol minum kemasan Le minerale yang banyak ditemukan di wilayah kabupaten subang

Melihat peran Abah Sarwan sebagai pemulung, dimana seorang pemulung merupakan garis terdepan untuk kelestarian lingkungan, Le Minerale tergerak membantu pemulung dengan menyalurkan bantuan.

Le Minerale, produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) memiliki komitmen di bidang kelestarian lingkungan, menyalurkan bantuan kepada Abah Sarwan berupa bahan kebutuhan sehari-hari dan juga peralatan untuk menunjang pekerjaannya, Selasa, 31 Maret 2021.

“Kisah Abah Sarwan kami ketahui melalui sosial media dan kami pun merasa terpanggil untuk membantunya. Kami sangat bersimpati dengan sosok Abah Sarwan yang di usia senjanya masih gigih bekerja dengan mengumpulkan sampah plastik untuk menghidupi keluarganya,” ujar Febri Hutama, Marketing Manager Le Minerale.

Abah Sarwan yang menerima kedatangan Le Minerale mengatakan sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan dan berharap ke depannya masyarakat lebih menghargai dan memahami peranan pemulung yang memiliki dampak positif untuk lingkungan.

“Terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Le Minerale kepada saya dan keluarga, semua barang-barang ini sangat berguna untuk mendukung pekerjaan saya sehari-hari sehingga pendapatan meningkat serta mempermudah dalam mencukupi kebutuhan sehari-hari,” ucap Abah Sarwan dengan terbata.

Tidak hanya berhenti sampai di kisah Abah Sarwan, tetapi Le Minerale juga memiliki kemitraan strategis untuk menyejahterakan kehidupan para pemulung di Indonesia melalui kerjasamanya dengan Ikatan Pemulung Indonesia (IPI).

Alasan Le Minerale bermitra dengan IPI, karena memiliki empat program utama yakni menginisiasi Kawasan Industri Pemulung (KIP) dan Kawasan Usaha Pemulung (KUP) yang lahir sebagai program kerja sejak 2018 lalu.

“Kedua program ini bertujuan untuk mensejahterakan dan meningkatkan kesejahteraan para pemulung,” kata Febi Hutama.

Program KIP dan KUP berjalan lebih fokus dalam meningkatkan potensi pemulung, terutama dari sisi ekonomi berupa pendapatan harian dan penambahan volume kapasitas daur ulang, tambah Febi.

le minerale salurkan bantuan
Le Minerale salurkan bantuan pada pejuang keluarga, Abah Sarwan warga Kabupaten Subang

Selanjutnya program IPI dalam hal mensejahterakan dan pengembangan keluarga, yakni program KOPI (Koperasi untuk sembako murah) dan Program Beasiswa Anak Pemulung Indonesia (BAPI).

BAPI disediakan untuk meningkatkan pendidikan di lingkungan keluarga pemulung dengan menjaring beasiswa dari kepedulian dan bentuk tanggung jawab sosial pihak swasta.

“Le Minerale turut mendukung program IPI tersebut dengan memberikan beasiswa senilai Rp 500 juta kepada 100 anak pemulung di Indonesia yang terancam putus sekolah atau sudah putus sekolah,” ungkap Febi.

Menurut Febi Hutama, peran pemulung sebagai garda depan proses daur ulang plastik tidak hanya berkontribusi terhadap kebersihan lingkungan dan membantu menekan debit sampah saja.

Namun secara sosial ekonomi juga turut membantu dengan menjadi lapangan pekerjaan bagi jutaan orang dalam meningkatkan kesejahteraannya.

Program beasiswa yang dilakukan Le Minerale merupakan upaya tanggung jawab sosial perusahaan dalam mendukung kelanjutan pendidikan anak-anak para pemulung.

“Le Minerale berharap bantuan ini dapat meringankan beban dan juga menumbuhkan semangat belajar anak-anak sehingga mereka tetap dapat meneruskan pendidikannya,”pungkas Febi Utama.***

loading...
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan