Rindu Malaysia, Mainkan Virtual Hunt 2020

Virtual Hunt 2020

Bandung Side, jl. Pasir Kaliki – Rindu Malaysia, disaat pandemi membuat banyak orang enggan berpergian dalam rangka memutuskan mata rantai Covid-19 (C-19) yang sudah berjalan lebih dari 9 bulan ini.

Hal tersebut menginisiasi Tourism Malaysia menggelar lomba yang bertemakan Malaysia Truly Asia ASEAN Virtual Hunt 2020 di Jakarta melalui Kedutaan Besar Malaysia, di Jakarta, Jum’at (11/12/2020)

Duta Besar Malaysia Untuk Indonesia, Datuk Zainal Abidin Bakar secara resmi membuka acara lomba Malaysia Truly Asia ASEAN Virtual Hunt 2020, sebagai upaya untuk mempromosikan tempat wisata ikonik Malaysia.

Beautiful Bandung
Team Beautiful Bandung dari Indonesia salah satu peserta Malaysia Truly Asia ASEAN Virtual Hunt 2020

“Malaysia menyambut para pelancong untuk merasakan keberagaman dan keunikan setelah aman dari pandemi untuk dapat melayani kembali,” kata Dubes Malaysia dalam sambutannya.

Acara hunt icon destination tourism ini adalah pertama kali digelar secara virtual di tengah situasi pandemi C-19 yang telah melumpuhkan industri pariwisata di seluruh dunia.

Dalam acara tersebut, teragendakan perwakilan dari Indonesia, Brunei, Thailand, Singapore, Philippines, Vietnam, Laos, Cambodia dan Malaysia diantaranya 30 media dari sembilan negara di kawasan Asia Tenggara.

Peserta terbanyak perwakilan dari Indonesia diantaranya membentuk team menamakan dirinya, dari Jakarta: Himpunan Anak Media, Cuanki, Mahakam Samarinda Team, Jakarta Awesome, The Marvel, KG Radio Network, O1, Team Hore, EM Indonesia, Shark, Matrade, The Warriors dan Budi Angels, dari Medan: Twin Tower, Hibiscus, Berjaya, dari Bandung: Beautiful Bandung.

Team perwakilan 9 Negara tersebut ikut merasakan pengalaman jalan-jalan digital secara virtual menjajaki destinasi yang menjadi ikon di Malaysia dengan ditawarkan hadiah uang tunai total senilai hingga 1.000 dolar AS untuk 3 pemenang.

virtual hunt 2020
Informasi penting lomba Virtual Haunt 2020 yang mengusung tema Malaysia Truly Asia ASEAN Virtual Hunt 2020.

Acara yang digelar menggunakan platform Zoom di negara masing-masing mengajak peserta lomba melakukan hunt icon destination tourism secara virtual selama dua setengah jam dalam permainan berburu petunjuk rahasia berupa kisi-kisi atau clue pertanyaan berdasarkan landmark, petunjuk arah dan nama jalan kota yang ada di Malaysia.

Pada kesempatan itu, para peserta lomba menjawab pertanyaan multiple coise dan menavigasi secara virtual menggunakan Google Maps dan mengirimkan jawaban melalui formulir link web.

Datuk Zainal Abidin Bakar mengatakan acara virtual hunt merupakan cara unik untuk mempromosikan dan membuat masyarakat selalu mengingat Malaysia melalui keragaman dan keunikan di tengah kondisi pandemi C-19.

Menurut Dubes Malaysia, virtual hunt ini adalah cara untuk memberikan pengalaman mengunjungi Malaysia secara virtual bagi mereka yang rindu untuk berkunjung ke negeri jiran tersebut.

Adapun lokasi destinasi ikon Malaysia diantaranya didaerah Genting, Malacca, Kuala lumpur, Penang, Langkawi dan Selangor yang memiliki destinasi baik kuliner, fashion, hotel, resort, Mice dan minat khusus bagi wisatawan.

Pemenang ke-2 lomba Malaysia Truly Asia ASEAN Virtual Hunt 2020 mendapatkan hadiah $ 300. (dok.istimewa).

“Pelancong atau wisatawan yang sudah merencanakan untuk berlibur harus menahan diri karena pandemi telah membuat orang enggan untuk bepergian. Tetapi dengan virtual hunt membuat pelancong merasa seperti mengunjungi Malaysia, di mana peserta akan bermain dalam tim dari lokasi berbeda untuk memecahkan petunjuk secara real-time,” jelas Datuk Zainal Abidin Bakar.

Malaysia Truly Asia ASEAN Virtual Hunt 2020 sukses digelar berkat kerjasama dan dukungan dari pelaku industri pariwisata Malaysia diantaranya Sunway Lagoon, Resorts World Genting, Genting Berhad, Amari Hotel, Sunway Medical Centre, Sunway Resort Hotel & Spa, KL Hop On Hop Off serta Tourism Selangor.

Pemenang ke-3 lomba Malaysia Truly Asia ASEAN Virtual Hunt 2020 mendapatkan hadiah $ 200.

Handy Gunawan salah satu team dari Beautiful Bandung, Indonesia mengatakan sangat mengapresiasi dengan mengikuti lomba Virtual Hunt 2020 yang digelar Tourism Malaysia dimasa pandemi Covid-19.

“Upaya membangkitkan pariwisata dinegeri Malaysia dimasa pandemi Covid-19 saya mengapresiasi baik. Kegiatan Malaysia Truly Asia ASEAN Virtual Hunt 2020 bagi yang sudah rindu Malaysia dapat melalui virtual yang seakan kita ada disana merupakan kemasan pariwisata yang dapat dijadikan role model,” kata Handy.***

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan