Perangi Sampah, Satgas Sektor 4 Bangun Tungku Pembakaran Sampah di Desa Sukamaju

Bandung Side, Majalaya – “Tahun Perangi Sampah”, begitu yang disampaikan Satgas Sektor 4 Sub Desa Sukamaju, Majalaya, Serda Muhidin saat melakukan korve bersama warga Kampung Bale Kambang, RW 17 Desa Sukamaju, Majalaya membangun tempat pembakaran sampah dibantaran Sungai Citarum, Minggu (8/3/2020).

Alternatif dalam mengelola sampah yang berasal dari sampah rumah tangga warga RW 17 memang masih sederhana, bahkan bisa dibilang dengan cara lokal yakni dengan dibakar. Sehingga, dalam waktu dekat warga RW 17 akan memiliki tempat pembakaran sampah dengan model tungku pembakaran yang terbuat dari batu bata merah beralas besi.

Solusi pengelolahan sampah rumah tangga dari kurang lebih 400 KK warga Kampung Bale Kambang, RW 17 merupakan salah satu cara untuk mengedukasi warga agar sampah yang dihasilkan tidak dibuang ke Sungai Citarum. “Dengan adanya tungku pembakaran sampah, berharap sampah rumah tangga warga RW 17 dapat dikelola terlebih dahulu sebelum dibakar,” kata Serda Muhidin.

Tungku Pembakaran Sampah di Kampung Bale Kambang, RW 17 Desa Sukamaju untuk mengurangi sampah yang mencemari Sungai Citarum dan dibuang sembarangan, Minggu (8/3/2020).

“Sebelumnya, warga memang membakar sampahnya ditempat tungku pembakaran sampah ini berada, namun sudah beberapa kali area yang persis dibibir Sungai Citarum ini selalu longsor bila terjadi luapan air Sungai Citarum saat hujan. Jadi dengan dibangunnya tungku pembakaran sampah diharapkan, warga bisa mengelola sampahnya terlebih dahulu dengan memilah dan memilih.”ungkap Serfa Muhidin.

Area tungku sebelumnya diberi patok bambu dan diisi dengan karung yang berisi pasir sebagai penahan longsong, lanjut Muhidin. Akan ada petugas khusus pembakar sampah yang sudah berpengalaman dibantu beberapa orang yang juga warga RW 17, sedangkan untuk memilah dan memilih dilakukan oleh Karang Taruna.

“Karang Taruna terlebih dahulu mengumpulkan sampah warga, kemudian dipilah dan dipilih agar dapat dimanfaatkan terlebih dahulu atau bernilai ekonomis sampah tersebut. Sedangkan sisanya dibakar ditungku hingga menghasilkan pupuk organik,”jelas Muhidin kepada Bandung Side saat melakukan korve bersama warga RW 17.

Serda Muhidin, Satgas Sektor 4 Sub Desa Sukamaju sedang memperhatikan sampah yang siap dipilah dan dipilih oleh Karang Taruna RW 17, Desa Sukamaju, Minggu (8/3/2020). Sampah tersebut kurang lebih berjumlah 30 karung per-hari yang ditarik dari warga.

Menurut Serda Muhidin, target memiliki tempat pembuangan sampah sementara, tungku pembakaran sampah atau bila memungkinkan mewujudkan TPS 3R harusnya sudah dimiliki warga desa, entah bisa dimanfaatkan beberapa RW secara komunal atau per-RW memilikinya. “Mengingat sebentar lagi memasuki Bulan Ramadan, biasanya volume sampah akan bertambah. Jadi dengan adanya tungku pembakaran sampah warga sudah tidak perlu lagi membuang sampahnya ke Sungai Citarum,”ungkap Muhidin.

Agus (55 th) salah satu warga RW 17 yang mengikuti korve mengatakan,”Tungku pembakaran sampah yang dibangun secara swadaya oleh warga atas kerjasama dengan Satgas Sektor 4 yang telah memfasilitasi bahan-bahannya, seperti semen dan batu bata. Bahkan ada beberapa bahan penunjang lainnya akan dipenuhi oleh Satgas dengan cara menjembatani pihak pabrik sekitar Kampung Bale Kambang yang berkenan untuk berkontribusi”.

“semoga dengan adanya tungku pembakaran sampah, membuat warga lebih teredukasi dapat mengelola sampahnya secara mandiri dan sampah yang dihasilkan oleh warga RW 17 tidak samapai keluar wilayah Kampung Bale Kambang bahkan bisa dimanfaatkan menjadi barang ekonomis,”pungka Agus.***

Facebook Comments

Leave a Reply