Dukungan Semua Pihak Untuk Sukseskan Hari Nusantara 2019

Bandung Side, PariamanKonferensi Pers bertempat di Media Center Hari Nusantara 2019 di Pantai Gandoriah, Pariaman, Jumat (13/12/2019) mendapatkan dukungan semua pihak untuk mensukseskannya .

Hadir sebagai pembicara adalah Walikota Pariaman, Genius Umar; Asisten Operasi Kasal, Laksamana Muda Didik Setiyono; Direktur Rumah Susun Ditjen Penyediaan Perumahan, Kementerian PUPR, M.Hidayat; Direktur Penilaian Kinerja Pengelolaan Bahan Beracun dan Limbah Berbahaya Non Racun, Kementerian LHK, Shinta Saptriana Soemiarno; Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kominfo, Septriana Tangkary; Asisten Deputi Budaya, Seni, dan Olah Raga Maritim, Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kosmas Harefa; Wakil dari Kementerian Kesehatan, Imran; serta dimoderatori oleh Kadis Kominfo Kota Pariaman, Hendri.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan bahwa Hari Nusantara ini merupakan peringatan kita terhadap suatu peristiwa penting, yaitu Deklarasi Juanda tanggal 13 Desember 1957. Mewujudkan darat dan laut sebagai satu kesatuan bagian dari Indonesia. Terpilihnya Pariaman menjadi bagian penting wilayah maritim dan menjadi momen wisata perekonomian maritim.

Laksamana Muda Didik Setiyono selaku Asisten Operasi Kasal, menjelaskan bahwa Angkatan Laut selalu mendukung program pemerintah. Sebagai salah satu contoh adalah pelaksanaan Sail dan Hari Nusantara serta didukung pula dengan kegiatan semisal bakti sosial, bakti kesehatan, penananam mangrove sampai pada event Angkatan Laut yang berkelas Dunia.

Selaku Ketua Panitia pelaksanaan Hari Nusantara 2019, Kementerian PUPR, yang diwakili oleh M. Hidayat, Direktur Rumah Susun Ditjen Penyediaan Perumahan menjelaskan bahwa rangkaian acara sudah dimulai sejak tanggal 7 Desember sampai pada puncaknya tanggal 14 Desember 2019. Kehadiran Presiden RI nantinya akan diwakilkan oleh Menko Bidang Perekonomian. Selama event Hari Nusantara ini, Kementerian PUPR telah membangun berbagai infrastruktur guna membantu perekonomian masyarakat, diantaranya pengamanan pantai, rumah khusus bagi nelayan, sampai pada pembangunan pasar.

Shinta Saptriana Soemiarno, Direktur Penilaian Kinerja Pengelolaan Bahan Beracun dan Limbah Berbahaya Non Racun, Kementerian LHK hadir untuk mengajak masyarakat melakukan aksi mengurangi pembuangan sampah plastik, yaitu dengan melakukan pemilahan sampah mulai dari rumah. Aksi ini dicanangkan agar pantai dan laut menjadi bersih.

 “Indonesia bersuara dari Pariaman” kutip Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kominfo, Septriana Tangkary. Gunakan media center sebagai alat publikasi, promosi dan glorifikasi agar pelaksanaan Hari Nusantara ini membahana. Didukung dengan pariwisata yang indah, Kota Pariaman diharapkan dapat membangun ekonomi kreatif demi kesejahteraan masyarakatnya. Pada kesempatan ini juga, beliau mengajak masyarakat melalukan Gerakan Indonesia Bersih dengan bijak menggunakan sampah plastik.

Kosmas Harefa, Asisten Deputi Budaya, Seni, dan Olah Raga Maritim, Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, mengatakan pariwisata Pariaman menjadi sesuatu yang dapat dibanggakan dan mendatangkan kontribusi yang positif, yaitu memutarkan perekonomian Pariaman dan ujungnya berdampak bagi kesejahteraan masyarakat. Beliau juga mengajak masyarakat agar berkontribusi dalam Gerakan Indonesia Bersih yang dimulai dengan hal-hal sederhana di lingkungan masing-masing.

Sementara wakil dari Kementerian Kesehatan, Imran mengatakan bahwa Kota Pariaman terpilih mejadi tuan rumah pelaksanaan Hari Nusantara 2019 ini karena pada tanggal 19 November lalu terpilih sebagai kota sehat di Indonesia. “Masyarakat yang sehat tentunya akan berdampak pada perekonomian masyarakat. Kelolalah sampah mulai dari rumah dengan memilah sampah itu sendiri,” lanjut Imran.***

loading...
Facebook Comments

Tinggalkan Balasan