Reaksi Cepat Ketua RW 3 Cilampeni Kepada Warganya Patut diacungin Jempol

Bandung Side, Cilampeni – Hujan dengan intensitas tinggi pada Hari Sabtu (23/2/2019) membuat permukaan air Sungai Citarum meninggi, sehingga membuat beberapa wilayah di Kabupaten Bandung terjadi genangan air. Seperti wilayah Dayeuh Kolot, Bojong Soang, Bale Endah dan juga terjadi diwilayah RW 3 Desa Cilampeni, Kecamatan Katapang mendapatkan imbas genangan air tersebut.

Reaksi cepat ditunjukkan oleh Ketua RW. 03 Kampung Muara Ciwedey Desa Cilampeni, Dasimah Atmaja S.E bersama dengan Babinsa Cilampeni Pelda Rusman dan Babinkamtibmas Polsek Katapang Aiptu Agus Riyana guna meringankan warga yang terpapar genangan air memberikan bantuan sosial berupa sembako kepada warga Kampung Muara Ciweday, Selasa (26/2/2019).

Sejumlah 17 kepala keluarga di RW 02 dan RW 03 yang terpapar genangan air diakibatkan oleh meluapnya Sungai Muara Ciweday yang merupakan anak Sungai Citarum yang berjarak tidak kurang dari 5 meter pada bantaran anak sungainya.

Aiptu Agus Riyana selaku Babinkamtibmas Polsek Katapang mengatakan,” Pada hari ini saya mewakili Bapak Kapolsek Katapang, AKP Kozasah memberikan bantuan sembako dan sekaligus sosialisasi tentang pencegahan terhadap bencana alam dan Kamtibmas terhadap masyarakat khususnya warga Kampung Muara Ciwidey Desa Cilampeni”.

“Selain itu kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan pembersihan dengan menguras genangan-genangan air yang ada di sekitarnya baik yang ada didalam maupun diluar rumah, khususnya selokan agar air dapat mengalir ke anak sungai dan Sungai Citarum,”jelas Agus

Upaya melancarkan aliran air baik diselokan maupun pada genangan, lanjut Agus, guna mencegah terjadinya perkembang biakan jentik jentik nyamuk, yang nantinya dapat mengakibatkan tumbuhnya nyamuk Deman Berdarah Dengue (DBD)”.

“Semoga dengan diberikan pemahaman secara terus-menerus dan berkesinambungan, warga dapat mengerti akan pentingnya kebersihan lingkungan dan pencegahan terhadap timbulnya penyakit”. pungkas Aiptu Agus Riyana.

Sementara Dasimah Atmaja selaku ketua RW. 03 Kampung Muara Ciwidey pada saat dikonfirmasi terkait kegiatannya tersebut mengatakan,” Hari ini saya sengaja memberikan sembako kepada warga yang terpapar genangan air, hal ini saya lakukan untuk membantu meringankan beban warga akibat dari genangan tersebut”.

Sebab akibat dari genangan tersebut, lanjut Dasimah, aktifitas warga menjadi terganggu. Karena beberapa warga tidak dapat melakukan kegiatanya secara maksimal, yang biasa berdagang ada yang tidak dagang dan yang bekerjapun ada yang tidak masuk kerja guna untuk membersihkan tempat tinggalnya”.

“Saya berharap mudah-mudah Program Citarum Harum yang sedang dilaksanakan oleh pemerintah dapat berjalan dengan baik, sehingga air Sungai Citarum tidak meluap lagi dan ini akan berdampak baik juga untuk wilayah kami,”pungkas Dasimah Atmaja.

Rijal (35th) salah satu warga yang terdampak genangan air dari meluapnya sungai Muara Ciwidey berharap kejadian ini tidak terulang lagi.

“Semoga saja ada solusinya karena setiap hujan turun lebat dan lama anak Sungai Muara Ciweday tidak dapat menampung luapan yang mengalir ke Sungai Citarum, karena Sungai Citarum sendiri juga meluap, akibatnya di wilayah kami tergenang air,”kata Rijal saat memberikan tanggapanya terkait genangan air di lingkungannya.***

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan