Oxbow Bojongsoang Sektor 6 Sekarang Terang-Benderang

Bandung Side, Bojongsoang – Berbekal Perpres No. 15 Tahun 2018, secara aktif sepanjang bantaran Sungai Citarum yang semula beralih fungsi menjadi bangunan liar dan tumpukan sampah, kini sudah mulai berubah dengan hadirnya TNI yang terbentuk sebagai Satuan Tugas Citarum Harum dalam 22 Sektor disepanjang 269 km.

Berbagai kegiatan pembenahan terus di lakukan diwilayah tiap sektornya, terutama di Sektor 6 Citarum Harum , berlokasi dibawah Jembatan Biru yang tadinya gelap gulita tanpa lampu penerangan dimalam hari , sudah mulai dipasang tiang lampu sorot dengan beberapa titik dilokasi Oxbow Bojong Soang, Jembatan Biru, Kamis (04/10/2018).

Lokasi Oxbow Bojongsoang, Jembatan Biru dalam perubahannya yang semula penuh dengan sampah rumah tangga, kini sudah bersih sehingga menjadi tempat destinasi memancing bagi warga Bojongsoang dan Dayeuh Kolot. Pemanfaatan lokasi Oxbow Bojongsoang tersebut sebagai sarana wisata memancing tersebut dikelolah oleh karang taruna setempat sekaligus sebagai relawan dalam menjaga kebersihan maupun pemanfaatannya sebagai taman untuk ruang publik.

Dalam kesempatan berkomunikasi dengan Komandan Sektor (Dansektor)7 Citarum Harum, Kolonel Inf. Yudi Zanibar melalui WA kepada Bandung Side mengatakan,”Lokasi Oxbow Bojongsoang yang awalnya penuh timbunan sampah, bau menyengat dan gelap-gulita bila dimalam hari sekarang sudah mulai ada perubahan. Dengan pembenahan bantaran dan pengerukan sedimentasi serta mengalokasikan sampah di TPS yang sudah tersedia dari pemerintah, berharap wilayah tersebut dapat meminimalisasikan banjir yang tiap saat selalu hadir bila hujan datang.

“Selain itu, agar beban psikolog warga terutama di Desa Citeureup dapat terkurangi serta dapat meningkatkan indeks kebahagiannya dapat naik, khususnya warga sekitar bantaran Sungai Citarum”ujar Kolonel Yudi Zanibar saat itu masih berada di Sanggar Seni Tisna Sanjaya dalam melakukan koordinasi.

Pada kesempatan lain Letnan Satu Rohyadi sebagai Danton Satgas Sektor 6 Citarum Harum yang mempunyai wilayah kerja di Bojongsoang, Citeureup dan Cikoneng menjelaskan kepada Bandung Side,”Hari ini kita dapat menyaksikan bersama ada 4 titik tiang lampu sorot yang nantinya akan menerangi lokasi Oxbow Bojongsoang, Jembatan Biru. Mudah-mudahan dengan adanya lampu penerangan ini dapat membantu warga masyarakat sekitar, sehingga warga masyarakat disini bisa merasa memiliki dan bersama sama merawat Sungai Citarum yang mungkin dulu air sungainya pernah jernih, dengan kemajuan jaman juga modernisasi akhirnya Sungai Citarum menjadi kotor. Sekarang momentumnya, kita mencoba mengembalikan sungai Citarum menjadi Jernih seperti dahulu kala melalui Program Citarum Harum bersama warga”.

“Dengan adanya tiang lampu penerangan dan sarana prasana yang telah kita usahakan disini, tidaklah berarti apa-apa bila warga sendiri tidak menjaganya. Diharapkan warga masyakat sekitar oxbow ini bisa betul-betul merasa memiliki terutama bisa merubah perilaku warga masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan dan tidak membuang sampah kesungai,”pungkas Rohyadi.***

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan