Satgas Sektor 8 Citarum Harum dan Mahasiswa KKN Tematik Tanam 100 Pohon di Bantaran Cilampeni

Bandung Side, Cilampeni – Satgas Sektor 8 Citarum Harum yang berada dibawah komando Komandan Sektor (Dansektor) Kolonel Czi Aby Ismawan, gelar kegiatan penggalian lubang untuk penanaman 100 tanaman keras Mahoni, Jati dan Suren serta beberapa jenis pohon lainnya dibantaran Sungai Citarum, Desa Muara Ciwidey, Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung, Sabtu (4/8).

Dalam kegiatan penanaman pohon, Pelda Rusman selaku Babinsa Desa Cilampeni mengatakan,”Hampir setiap hari kami melaksanakan pembersihan sampah yang ada di bantaran, kami juga melakukan perawatan dengan cara penyiraman pohon yang sebelumnya telah di tanam, kegiatan ini kami lakukan bersama para relawan dan mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN Tematik Citarum Harum, guna menghijaukan kembali daerah aliran Sungai Citarum”.

Sejak adanya KKN Tematik Citarum Harum mahasiswa dari Universitas Pendidikan Indonesia, lanjut Rusmman, diharapkan dapat memberikan perubahan tentang sampah terhadap warga yang tinggal disekitar bantaran Sungai Citarum, tentunya dengan adanya sosialisasi tentang membuang sampah yang dilakukan oleh Satgas Sektor 8 Citarum Harum dan mahasiswa, diharapkan dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke Sungai.

Sementara Trisa salah satu mahasiswa semester 7 peserta KKN Tematik Citarum Harum menjelaskan,”Selama beberapa hari ini kami selalu melakukan kegiatan pembersihan dan pemeliharaan tanaman disekitar bantaran. Kegiatan diawali dengan apel pagi, terus dilanjutkan dengan melakukan kegiatan dibantaran sungai Citarum, termasuk saat ini kami sedang membuat lubang untuk penanaman pohon kembali”.

“Upaya yang sudah dilakukan oleh teman-teman dalam kegiatan KKN Tematik Citarum Harum, diharapkan pohon yang sudah ditanam oleh para mahasiswa dan Satgas Citarum Harum dapat bermanfaat, serta masyarakat sekitar diharapkan juga ikut serta dalam menjaga dan memelihara tanaman tersebut, sekaligus menjaga bantaran Sungai Citarum,”kata Trisa.***

Facebook Comments

Leave a Reply