Gotong Royong Bersama Warga, Satgas Sektor 8 Citarum Harum Buat Saung Edukasi Sampah

Bandung Side, Sekitar 30 warga RT 02, RW 28 Kelurahan Mekar Rahayu, Kecamatan Marga Asih bersama Satgas Sektor 8 Citarum Harum dan relawan melakukan kerja bakti membersihkan bantaran dan menanam pohon buah-buahan sebagai lanjutan pembuatan Saung Edukasi, Sabtu (2/12/2018)

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08. 00 WIB yang sebelumnya dilakukan apel pagi oleh Satgas Citarum Harum untuk memberi intruksi kerja bakti dan memastikan keselamatan sebelum dan sesudah kerja. Apel pagi yang dipimpin oleh Pelda Ari Purwadi, sebagai Dansubsektor wilayah Mekar Rahayu bertujuan mendorong percepatan penggunaan Saung Edukasi agar manfaatnya dapat dirasakan oleh warga Desa Mekar Rahayu.

Saung Edukasi Di Desa Mekar Rahayu merupakan tempat untuk ruang publik sebagai sarana untuk berdiskusi dalam mengedukasi warga agar dapat pilah, pilih dan olah sampah secara mandiri. Saung Edukasi seluas 5 × 7 meter di wilayah RT 02 RW. 28 Desa Mekarrahayu, Kecamatan Marga Asih ini memanfaatkan bantaran Sungai Citarum sekaligus sebagai tempat memonitor kebersihan Sungai Citarum dan sebagai tempat praktek pilah, pilih dan olah sampah.

Kolonel Czi Aby Ismawan selaku Komandan (Dansektor) 8 Citarum Harum saat di temui di lokasi kegiatan kerja bakti mengatakan,”Hari ini Satgas Sektor 8 Citarum Harum didukung dengan warga setempat yang berlokasi di RT 02 RW 28 serta para relawan, melanjutkan pembuatan Saung Edukasi yang sebelumnya dijadikan Tempat Pembuangan Sampah oleh warga”.

“Tujuan dibuatkannya Saung Edukasi antara lain agar semua lokasi yang berada di sektor 8 nantinya tertata sehingga ditiap-tiap bantaran wilayah Sektor 8 ini lokasinya dapat dimanfaatkan dan dipelihara sebaik-baiknya oleh warga. Rencana kedepan sepanjang bantaran yang ada di sektor ini, di titik-titik yang telah ditentukan, akan dibuat icon-icon dan lapangan serbaguna bagi masyarakat serta dibuatkan juga taman bermain bagi Anak-anak dan warga,”papar Kolonel Aby

“Dengan harapan, semoga dengan upaya yang selama ini dilakukan oleh Satgas Sektor 8 Citarum Harum beserta para relawan dan masyarakat yang peduli terhadap lingkungan dapat merubah pola pikir masyarakat agar lebih baik lagi. Terutama, yang berkaitan dengan kebersihan dan lingkungan yang berhubungan dengan sampah. Sehingga warga dapat memanfaatkan sampah menjadi lebih berguna, serta tidak membuangnya dengan sembarangan”, harap Dansektor

” Tentunya ini juga bertujuan demi tercapainya program Citarum Harum yang selama ini sudah berjalan, serta dapat mempercepat proses pengembalianSsungai Citarum agar dapat kembali menjadi Sumber Kehidupan bagi orang banyak. Serta menciptakan Sungai Citarum Sebagai Serambi Depan Rumah,”pungkas Kolonel Aby.

Sementara Ketua RT 02 RW 28 Desa Mekar Rahayu, Mukiman atau yang akrab dipanggil Iman mengatakan,”Hari ini, saya selaku Ketua RT 02 mengajak warga untuk ikut melaksanakan kegiatan kerja bakti bersama dengan Satgas Citarum Harum. Kegiatannya untuk membersihkan lingkungan bantaran serta menanam pohon buah-buahan dibantaran Sungai Citarum, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh warga”.

“Selain itu, dengan dibuatnya Saung Edukasi yang aktifitasnya nanti sebagai tempat pembelajaran warga agar dapat pilah, pilih dan olah sampah. Hal ini sangat berguna bagi warga agar tidak membuang sampahnya kembali ke Sungai Citarum. Saya juga berharap di tempat kami juga dibuat lapangan serbaguna, agar masyarakat punya tempat untuk melaksanakan berbagai macam kegiatan olah raga,”harap Iman sambil tersenyum.***

Leave a Reply