Dansektor 8 : Semangat Gotong Royong Ternyata Masih Ada di RT 08 RW 18 Desa Mekar Rahayu

Bandung Side, Margaasih – Secara maraton hingga membutuhkan waktu satu minggu puluhan warga yang tinggal di Kampung Babakan, Desa Mekar Rahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, secara gotong royong dengan sukarela merapikan Bantaran Sungai Citarum yang nanti akan difungsikan sebagai jalan inspeksi yang didukung oleh Satgas Sektor 8 Citarum Harum, Minggu (23/12/2018).

Aktifitas gotong-royong warga Babakan RT 08 RW 18 Desa Mekar Rahayu dimulai setelah selesainya aktifitas pasar tiban, yang selalu ada disaat Hari Minggu. Perapihan bantaran serta pelebaran jalan inspeksi yang dilakukan secara gotong-royong oleh warga Kampung Babakan ini untuk mendukung Program Citarum Harum yang sudah bergulir hampir satu tahun ini.

Saat di konfirmasi Bandung Side, Kolonel Czi Aby Ismawan selaku Komandan Sektor (Dansektor) 8 Citarum Harum mengatakan,” Saat ini kami memang sedang menata bantaran Sungai Citarum dan jalan inspeksi yang berada Desa Mekar Rahayu, kegiatanya diantaranya adalah menertibkan bangunan liar dan memperlebar jalan inspeksi,”kata Kolonel Aby

Selanjutnya menurut Kolonel Aby, selain mengembalikan fungsi utamanya, area bantaran tersebut akan dibuat sarana olah raga sesuai dengan harapan warga dengan catatan bahwa warga juga yang harus menjaga, membersihkan dan memeliharanya. Saya tidak mengira puluhan warga RT 08 RW 18 Desa Mekar Rahayu sangat antusias, sehingga tanpa diminta mereka dengan sukarela membantu kami dalam melakukan penataan bantaran.

“Hal ini tentunya sangat menggembirakan, dimana ini merupakan indikasi bahwa masyarakat sudah mulai sadar dan mengerti serta memahami keadaan saat ini terkait dengan Program Citarum Harum yang ada di sekitar lingkungannya. Adapun kegiatan menertibkan bangunan liar agar warga juga sadar bahwa penyerobotan lahan yang bukan menjadi hak-nya adalah merupakan pelanggaran,”jelas Kolonel Aby.

Kemudian, kami selaku satgas hanya berusaha mengembalikan fungsi bantaran sebagaimana mestinya dan berusaha menciptakan “Sungai Sebagai Serambi Depan Rumah”. Mudah mudahan kegiatan warga di Desa Mekar Rahayu ini, bisa menjadi contoh yang dapat memotivasi warga di wilayah lain untuk berbuat yang sama,”harap Kolonel Aby.

Juhana (45th), Ketua RT 08 RW 18 sekaligus koordinator dalam kegiatan gotong-royong tersebut menjelaskan bahwa dirinya sengaja mengajak warga dilingkungannya untuk membantu Satgas Sektor 8 dalam menata bantaran Sungai Citarum.

“Saya melihat para personil TNI Satgas Sektor 8 Citarum Harum setiap hari bekerja untuk membenahi dan merapikan Bantaran Sungai Citarum di wilayah kami dan saya berpikir ini untuk kepentingan bersama terutama buat kebaikan kampung kami, sehingga saya berinisiatip untuk membantu TNI dengan mengajak warga RT 8 secara gotong royong ikut merapihkan bantaran. Allhamdulillah warga juga merespon dengan baik,”pungkas Juhana.***

Leave a Reply