Sektor 7 Citarum Harum Gandeng PT Hartadinata Abadi Tbk. Launching Penanggulangan Sampah Domestik

Bandung Side, Sangkanhurip – Sektor 7 Satgas Citarum Harum yang berkedudukan di Desa Sangkanhurip, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung menyelenggarakan acara Launching Penanggulangan Sampah Domestik bertempat di Taman Citarum Harum Kp. Cikambuy RT 05 RW 10 Desa Sangkanhurip, Sabtu (24/11).

Acara tersebut diselenggarakan dengan tujuan utamanya yaitu mensukseskan Program Citarum Harum yang sedang berjalan sampai saat ini, kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama antara Satgas Citarum Harum Sektor 7 dibawah pimpinan Kolonel Kav Purwadi dengan PT. Hartadinata Abadi Tbk. dengan membuat Bank Sampah di 4 titik didaerah bantaran Sungai Citarum guna meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam mengkonversi sampah rumah tangga menjadi bahan yang bermanfaat dan menghasilkan secara efesien serta ekonomis yang akan dikelola oleh anggota Sektor 7 Satgas Citarum Harum.

Asisten Teritorial (Aster) Kasdam III/Siliwangi Kolonel Inf Adri Koesdyanto menyerahkan bantuan gerobak sampah kepada warga Desa Sangkanhurip

Komandan Sektor (Dansektor) 7 Kolonel Kav Purwadi mengatakan,”Dulunya lokasi Taman Citarum Harum di Desa Sangkanhurip penuh dengan sampah karena banyak warga yang membuang Sampah ke sungai, namun dengan adanya taman edukasi seperti ini warga bisa langsung merasakan sendiri manfaat ketika memiliki lingkungan yang bersih. Apalagi dengan adanya Bank Sampah di Desa Sangkanhurip, masyarakat yang tinggal disekitar taman Citarum harum akan sangat terbantu karena mereka sekarang menjadi tahu apa manfaat langsung bagi mereka ketika mereka bisa memilah, memilih, mengola sampah dengan baik “.

Komandan Sektor (Dansektor) 7 Citarum Harum, Kolonel Kav Purwadi menyerahkan secara simbolis Taman Citarum Harum dan Perpustakaan kepada Ketua Karang Taruna, Sarif Nurkarim agar dikelola menjadi lebih baik.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Asisten Teritorial (Aster) Kasdam III/Siliwangi Kolonel Inf Adri Koesdyanto yang mewakili Pangdam III/Siliwangi. Dalam amanatnya Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H., M.Tr.(Han) selaku Wadansatgas Citarum Harum Yang dibacakan oleh Aster menyampaikan bahwa Penanggulangan Sampah Domestik, yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Citarum Harum dengan tujuan terbangunnya sungai yang bersih, bebas dari sampah dan pencemaran. Pengelolaan sampah domestik, merupakan salah satu upaya yang dapat mempercepat pemulihan Sungai Citarum “.

Pangdam III/Siliwangi juga mengharapkan, dengan kegiatan Lounching Penanggulangan Sampah Domestik yang dicanangkan hari ini, dapat menjadi salah satu pemicu dalam upaya membangun budaya dan perilaku ramah lingkungan, yaitu dengan mengelola sampah domestik sehingga memiliki nilai ekonomi dan dapat bermanfaaat bagi seluruh masyarakat, khususnya yang berada di sekitar Sektor 7 Citarum Harum.

Adapun Rangkaian acara tersebut selain sambutan yang disampaikan oleh Dansektor 7 serta Pangdam III/Siliwangi yang dibacakan oleh Aster, juga sambutan diberikan oleh Bupati Kab. Bandung yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan Bapak Yudi Haryanto, menyampaikan bahwa sampah bukan merupakan musuh tapi sampah merupakan salah satu sumber ekonomi jika kita dapat mengolahnya dengan baik dan berharap agar program ini dapat berjalan sesuai dengan harapan.

Komisaris PT Hartadinata Abadi Tbk. Ferry Hartadinata didampingi Direktur Utama, Sandra Sunanto menyerahkan bantuan gerobak sampah kepada Satgas Citarum Harum dan Warga Desa Sangkanhurip.

Sandra Sunanto, Direktur Utama PT Hartadinata Abadi Tbk menjelaskan,”Sebagai perusahaan yang besar dan berkembang di Jawa Barat, Hartadinata Abadi yang sudah berusia 14 tahun ini merasa memiliki tanggung jawab untuk menjaga kelestarian Sungai Citarum. Salah satu cara yang bisa perusahaan lakukan adalah dengan membangun Bank Sampah diwilayah Sektor 7 Taman Citarum Harum, Desa Sangkanhurip. Selain untuk mengedukasi masyarakat mengenai cara pengolahan sampah rumah tangga secara utuh dan lengkap, harapannya Bank Sampah ini bisa merubah pola pikir masyarakat yang sebelumnya membuang sampah tanpa memilah, menjadi memilah sampah terlebih dahulu karena memiliki nilai ekonomis “.

Hal tersebut sesuai dengan misi dari PT Hartadinata Abadi Tbk, lanjut Sandra Sunanto, yakni “Memberikan kontribusi bagi masyarakat melalui profesionalisme dan kepedulian terhadap lingkungan”.

Kegiatanpun dilanjutkan dengan acara penyerahan secara simbolis gerobak sampah yang diserahkan oleh Aster Kasdam III/Siliwangi, penyerahan mesin pencacah plastik yang diserahkan oleh Asisten pemerintahan Kab. Bandung kepada Satgas Citarum Harum dan penyerahan gerobak sampah oleh Direktur utama PT Hartadinata Abadi kepada Satgas Citarum Harum serta diakhiri dengan penyerah Taman Edukasi Citarum Harum dan Perpustakaan kepada ketua karang taruna Desa Sangkanhurip.

Ketua Karang Taruna, Sarif Nurkarim usai menerima secara simbolis pengelolahan Taman Edukasi dan Perpustakaan mengatakan,”Ucapan terima kasih sebelum kepada Satgas Citarum Harum yang telah mewujudkan Taman Edukasi dan Perpustakaan yang berada dibantaran Sungai Citarum tepatnya di Desa Sangkanhurip. Taman Edukasi tersebut bisa dijadikan sarana dan prasarana beraktifitas warga maupun sebagai tempat bermain anak. Rencana kami dalam memanfaatkan Taman tersebut sebagai tempat berkumpulnya pemuda-pemudi untuk berkreasi dalam mewujudkan kegiatan kreatif dan inovatif. Rencana lainnya, Taman Edukasi Citarum Harum akan kami jadikan destinasi wisata bagi warga sekitar Desa Sangkanhurip maupun warga diluar Desa Sangkanhurip terutama dengan menjaga kebersihannya dan merawat apa yang sudah baik menjadi lebih baik lagi”.

Bila mengingat kembali keberadaan lokasi Taman Edukasi ini kebelakang, lanjut Sarif, sejak saya sekolah di Sekolah Dasar sudah menjadi tempat berdagang oleh warga sekitar Desa Sangkanhurip maupun warga pendatang. Sekitar tahun 2006-2007 mulai ada pembangunan Taman yang berlokasi dibawah oleh Komunitas Warga Peduli Lingkungan (WPL) dengan melibatkan Karang Taruna Desa Sangkanhurip juga. Namun pengelolahan taman tersebut tidak selesai atau tidak tuntas dari apa yang direncanakan. Sehingga keberadaannya terbengkalai tidak terawat, entah kenapa sebabnya. Kami dari Karang Taruna hanya bisa bermimpi bahwa wilayah kami bisa dijadikan tempat untuk berkreatifitas bersama pemuda-pemudi lainnya sehingga kami bisa belajar mandiri dari apa yang menjadi potensi kami. Dari dulu kami ingin menyelenggarakan even-even yang nantinya akan mengharumkan nama Desa kami, Sangkanhurip. Even seperti Pemilihan Mojang-Jajaka, Citarum Fair, Hari Air Sedunia, Lomba kreatifitas anak-anak, Festival music serta agenda lainnya. Tapi kami tidak punya tempat untuk berkreasi tersebut.

Acara dilanjutkan dengan penimbangan sampah dan pengumpulan di Bank Sampah dari masyarakat serta anak sekolah yang disaksikan langsung oleh Aster Kasdam III/Siliwangi Kolonel Inf Adri Koesdyanto, Kapendam III/Siliwangi Kolonel Arh GTh. Hasto Respatyo, S.T. , Dandim 0609/Cimahi yang diwakili oleh Perwira Penghubung Mayor Chb (K)Tri Harbusania, Asisten Pemerintahan Kab. Bandung, Yudi Haryanto, serta Managemen PT Hartadinata Abadi.***

Leave a Reply