Cegah Erosi Bantaran Sektor 8 Citarum Harum Tanam Kembali Vetiver

Bandung Side, Sulaeman – Satuan Petugas (Satgas) Sektor 8 Citarum Harum yang berada dibawah komando Kolonel Czi Aby Ismawan, hari ini bersama dengan para relawan dan warga sekitar Desa Sulaeman, Kecamatan Margahayu kembali melakukan penanaman vetiver dibantaran Sungai Citarum, wilayah Subsektor Sulaeman, Selasa (14/11/2018).

Tanaman vetiver yang merupakan hasil pembibitan dari Desa Cilampeni, Kecamatan Katapang telah siap didistribusikan dalam tahap pertama yang sempat tertunda dikarenakan oleh hujan deras beberapa hari lalu dan menyebabkan air Sungai Citarum meninggi sekitar 2 meter hampir melampaui bantaran yang sudah rapi, siap ditanam.

Meskipun kondisi pembibitan yang dalam beberapa hari tergenang air akibat meluapnya Sungai Citarum, tidak menyurutkan niat dan semangat Satgas Sektor 8 Citarum Harum melaksanaan aktivitasnya demi terwujudnya Program Citarum Harum, guna mengembalikan Sungai Citarum sebagai sumber kehidupan dan sebagai upaya percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan Sungai Citarum.

Saat ditemui dibantaran Sungai Citarum wilayah subsektor Desa Sulaeman, Kolonel Czi Aby Ismawan mengatakan,” Pagi ini Satgas Sektor 8 Citarum Harum melaksanakan penataan bantaran sungai Citarum khususnya di Subsektor Desa Sulaeman, rencananya kita akan menanam vetiver sepanjang 2000 Meter. Sementara hari ini masih ditanam dengan luas 1 Km atau 1000 meter dahulu, harapannya sepanjang bantaran Sektor 8 nantinya semua akan ditanami vetiver”.

Kolonel Czi Aby Ismawan, sedang duduk berlatarkan lahan siap tanam vetiver dibantaran Sungai Citarum

Masih menurut Kolonel Aby, Satgas Sektor 8 melakukan penanaman vetiver dengan cara mengembangkan diri, yang mana pembibitan ini dilakukan di Subsektor Desa Cilampeni dan masih sedang berjalan. Tanaman ini sangat bermanfaat untuk menjaga erosi bantaran sungai pada saat musim hujan, juga konon katanya vetiver merupakan tanaman ajaib yang dapat menyerap racun limbah B3. Sektor 8 dalam hal ini cukup konsen untuk penataan bantaran sungai dan melanjutkan penanaman vetiver dan pohon keras apalagi sekarang musim hujan, mudah mudahan apa yang kita tanam nantinya bisa merubah wajah Sungai Citarum demi kehidupan generasi yang akan datang.***

Leave a Reply